PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH BANK SYARIAH

Fajar Rezky Maulana, Nevi Hasnita, Evriyenni Evriyenni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengetahuan produk dan word of mouth terhadap keputusan nasabah memilih Bank Syariah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dengan sampel berupa nasabah Bank Aceh Syariah KCP Samatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa variabel pengetahuan produk dan word of mouth secara parsial berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih Bank Syariah dimana kedua variabel tersebut memiliki nilai signifikansi <0,05. Kemudian secara simultan, menunjukkan bahwa variabel pengetahuan produk dan word of mouth memiliki pengaruh sebesar 51,5%  terhadap keputusan nasabah memilih Bank Syariah.

 


Keywords


Pengetahuan Produk; Word of Mouth; Keputusan Nasabah.

Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung putu. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Malang: UB Press.

Dewi, Nurmala. (2015). Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di BTM MENTARI Ngunut Tulungagung. Skripsi. IAIN Tulungagung.

Fahmi, Adenia Mustika. (2017). Pengaruh Pengetahuan Produk, Pemakaian dan Pembelian Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Menjadi Nasabah Bank BNI Syariah. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Firdaus & Fakhry Z. (2018). Aplikasi Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Firmansyah, M., Anang. (2018). Perilaku Konsumen: Sikap dan Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

_______. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Qiara Media.

Fitriana, Rizza Erlina. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, kemudahan transaksi dan word of mouth terhadap keputusan masyarakat menjadi nasabah Bank Syariah Bukopin. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Gani, Irwan & Siti Amalia. (2015). Alat Analisis Data; Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: Andi.

Hasan, Ali. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hermawan, Asep. (2005). Penelitian Bisnis - Paragidma Kuantitatif. Jakarta: PT Grasindo.

Juliandi, Azuar, irfan, & Saprinal Manurung. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi. Medan: Umsu Press.

Kiki Joesyiana. (2018). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shopee Di Pekan Baru. Jurnal Valuta. 4 (1): 71-85.

Kotler, P. & G., Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta:Erlangga.

________. & K.L., Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

________. (2002). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi Milenium. Jakarta: Prenhallindo.

Kurniawan, Robert & Budi Yuniarto. (2016). Analisis Regresi, Dasar dan Penerapannya Dengan R. Jakarta: Kencana.

Latief, Rusman. (2018). Word of Mouth Communication: Penjualan Produk. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Lubis, Mayang Sari. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Muhamad. (2015). Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurdin, Ismail & Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Prasetyo B. D. dkk. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru. Malang: UB Press.

Priansa, D., Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Purnomo, Rochmat Aldy. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: CV. Wade Group.

Santoso, Singgih. (2010). Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Setiawati, Dwi Wahyu. (2013). Pengaruh Word of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Melakukan Pembiayaan Mudharabah Pada BPR Syariah Amanah Sejahtera Kantor Kas Bungah. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Shinta, Agustina. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang dkk. (2011). Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.

Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasinya Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahyudi, Setyo Tri. (2017). Statistika Ekonomi: Konsep, Teori dan Penerapan. Malang: UB Press.

Yudiaatmaja, Fridayana. (2013). Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yuliawan, Eko. (2011). Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Pt. Bank Jabar Syariah Cabang Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. 1 (01): 21-30.

Yuniarti, Vinna Sri. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fajar Rezky Maulana, Nevi Hasnita, Evriyenni Evriyenni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: