PENGARUH SOSIALISASI DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa di Banda Aceh)

Zahra Zulchayra, Azharsyah Ibrahim, Ana Fitria

Abstract


Pasar modal merupakan salah satu sarana investasi untuk semua kalangan, tidak terkecuali mahasiswa. Minat berinvestasi mahasiswa dipengaruhi beberapa faktor seperti sosialisasi dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi dan pengetahuan terhadap minat investasi  mahasiswa di pasar modal syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sosialisasi berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa Banda Aceh (2) Pengetahuan berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa Banda Aceh (3) Secara simultan keduanya berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa di Banda Aceh. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pemangku kepentingan di dunia pasar modal untuk meningkatkan sosialisasi dan literasi dalam menarik minat investor yang berasal dari kalangan mahasiswa.


Keywords


Sosialisasi; Pengetahuan; Minat; Investasi; Minat Mahasiswa, Pasar Modal Syariah

Full Text:

PDF

References


Afyan, Randy., Ramashar, Wira dan Perdana, Riky. (2019). Sosialisasi, Persuasi, Involvement dan Mint Investasi di Pasar Modal. Jurnal: Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal Page 1-9.

Asba, Muhammad Yahsya Amarullah. (2013). Pengaruh Pengetahuan Tentang Efek Syariah Terhadap Motivasi Berinvrstasi di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Walisongo Semarang).Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Baihaqi, M. (2016). Pengantar Psikologi Kognitif. Bandung: PT. Refika Aditama

Dedi, Teuku. (2019). Melonjak Investor Pasar Modal Di Aceh Capai 10800 Ribu. Diakses Tanggal 28 Februari 2020. gatra. comdari, https://www.gatra.com/detail/news/449474/ekonomi/melonjak-investor-pasar-modal-di-aceh-capai-10800-ribu

Dinata, Eka Putra. (2003). Berburu Uang di Pasar Modal. Semarang: Effhar.

Djaali. (2008).Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Pendoman Ilmu Jaya.

Gunawan. (2011). Pengaruh Analisis Fundamental Terhadap Harga Saham (Studi Empiri Terhadap Saham-Saham Syariah Di Jakarta Islamic Indeks). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Page: 47-58.

Haidar, Amar Faisal. (2019,12,30). Dirut BEI: Pertumbuhan Pasar Modal Indonesia Tertinggi di ASEAN. Cendana news website: https://www.cendananews.com/2019/12/dirut-bei-pertumbuhan-pasar-modal-indonesia-tertinggi-di-asean.html

Hidayat, Rahmat (2019) Investasi Syariah. Jurnal Al-Karim: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan studi Islam. Vol 4 No. 1.

Hidayat, Lukman., Muktiadji, Nusa., dan Supriadi, Yoyon. (2019) . Pengaruh Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Galeri Investasi Perguruan Tinggi. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan ISSN 2580-5339 Vol.3 (Nomor 2) Page 63-70.

Ifdhal, M (2019) Investor Pasar Modal di Aceh Naik 48 Persen. Banda Aceh: Antara News. Diakses Tanggal 29 Februari 2020,dari https://www.antaranews.com/berita/1098604/ investor-pasar-modal-di-aceh-naik-48-persen

Khotimah, Husnul., Warsini, Sabar dan Nuraeni, Yenni. (2018). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Investor Pada Efek. Jurnal Politeknik Negeri Jakarta

Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius) (Vol 1). no 2 Page 107.

Lindriati, Siti., Suntoro, Irawan., Pitoewas, Berchah. (2017). Pengaruh Sosialisasi dan Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Minat Pembuatan Akta Kematian di Desa Purworejo. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Mubarok, Ferry Khusnul. (2018). Peran Sosialisasi dan Edukasi Dalam Menumbuhkan Minat Invesasi Di Pasar Modal Syariah. Jurnal Inovasi Page 113-122.

Praja dan Juhaya. (2012). Lembaga Keuangan Syariah, Suatu Kajian Teoritis Praktis. Bandung: CV Pustaka Setia

Rakhimsyah.,Amnah, Leli dan Gunawa, Barbara. (2011). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Kebijakan Deviden, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Investasi 2011.

Sakir, A. (2010). Pengenalan Pasar Modal (Teori dan Strategi Investasi). Banda Aceh: Percetakan Unsyiah.Sarjono, Haryadi dan Julianita, Winda. (2011).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W. S. (1986). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zahra Zulchayra, Azharsyah Ibrahim, Ana Fitria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: