STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN PRODUK TABUNGAN EMAS PADA PT PEGADAIAN SYARIAH CABANG BANDA ACEH

Sarini Syarifuddin, Muhammad Yasir Yusuf, Yulindawati Yulindawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan strategi marketing dalam meningkatkan produk tabungan emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data penelitian dari penelitian lapangan diperoleh melalui interview (wawancara) dan dokumentasi yang bersumber dari penelitian kepustakaan berupa buku bacaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing dalam meningkatkan produk tabungan emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda, memberikan informasi cukup memuaskan melakukan segmentasi berupa sosialisasi semua kalangan masyarakat dengan target pasar melakukan literasi (pengenalan) produk tabungan cicilan emas kepada masyarakat, kantor dan sekolah, serta berhubungan dengan bauran pemasaran di antaranya produk, harga, promosi dan tempat. Dari strategi marketing tersebut paling baik adalah literasi (pengenalan) produk tabungan emas kepada masyarakat, sehingga banyak diminati oleh kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) dan pegawai non PNS.


Keywords


Strategi; Marketing; Tabungan Emas

Full Text:

PDF

References


Adhly, N. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Pada Produk Arrum Terhadap Peningkatan Junlah Nasabah dan Pendapatan Profit di Tinjau Menurut Hukum Islam. . Skripsi Fakultas Syariah & Hukum Universitas Islam Negeri AR-Raniry.

Al-Arif, M. R. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung; Alfabeta.

Alma, B., & Priansa, D. J. (2009). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung :Alfabeta.

Ananda, M. R. (2012). Strategi Pemasaran Produk Koperasi Syariah Surya Melati di Kecamatan Gunung Meriah. Skripsi Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Ascarya. (2007). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Rajawali.

Fandy , T., & Gegorius, C. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Idri. (2015). Hadis Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta :Kencana.

Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. Jakarta; Kencana Media.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta :Airlangga.

Setyaningrum, A., & Yusuf, E. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta :Andi.

Suharno, Y. S. (2010). Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sula, M. S. (2004). Asuransi Syariah Life and General Konsep dan Sistem Operasional . Jakarta; Gema Insani Press.

Supriono, H. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Persero Cabang Syariah Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam :UIN Raden Intan Lampung.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.Remaja Roda Karya.

Wijayanti, T. (2014). Marketing Plan Dalam Bisnis . Jakarta :PT. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sarini Syarifuddin, Muhammad Yasir Yusuf, Yulindawati Yulindawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: