STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN PRODUK TABUNGAN EMAS PADA PT PEGADAIAN SYARIAH CABANG BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8647Keywords:
Strategi, Marketing, Tabungan EmasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan strategi marketing dalam meningkatkan produk tabungan emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data penelitian dari penelitian lapangan diperoleh melalui interview (wawancara) dan dokumentasi yang bersumber dari penelitian kepustakaan berupa buku bacaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing dalam meningkatkan produk tabungan emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda, memberikan informasi cukup memuaskan melakukan segmentasi berupa sosialisasi semua kalangan masyarakat dengan target pasar melakukan literasi (pengenalan) produk tabungan cicilan emas kepada masyarakat, kantor dan sekolah, serta berhubungan dengan bauran pemasaran di antaranya produk, harga, promosi dan tempat. Dari strategi marketing tersebut paling baik adalah literasi (pengenalan) produk tabungan emas kepada masyarakat, sehingga banyak diminati oleh kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) dan pegawai non PNS.
References
Adhly, N. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Pada Produk Arrum Terhadap Peningkatan Junlah Nasabah dan Pendapatan Profit di Tinjau Menurut Hukum Islam. . Skripsi Fakultas Syariah & Hukum Universitas Islam Negeri AR-Raniry.
Al-Arif, M. R. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung; Alfabeta.
Alma, B., & Priansa, D. J. (2009). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung :Alfabeta.
Ananda, M. R. (2012). Strategi Pemasaran Produk Koperasi Syariah Surya Melati di Kecamatan Gunung Meriah. Skripsi Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.
Ascarya. (2007). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta :Rajawali.
Fandy , T., & Gegorius, C. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Idri. (2015). Hadis Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta :Kencana.
Kasmir. (2005). Pemasaran Bank. Jakarta; Kencana Media.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta :Airlangga.
Setyaningrum, A., & Yusuf, E. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta :Andi.
Suharno, Y. S. (2010). Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sula, M. S. (2004). Asuransi Syariah Life and General Konsep dan Sistem Operasional . Jakarta; Gema Insani Press.
Supriono, H. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Persero Cabang Syariah Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam :UIN Raden Intan Lampung.
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.Remaja Roda Karya.
Wijayanti, T. (2014). Marketing Plan Dalam Bisnis . Jakarta :PT. Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance Education uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.