PENGARUH KUALITAS DIGITAL BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BNI SYARIAH CABANG BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i1.8576Keywords:
kualitas, layanan, kepuasan, digital bankingAbstract
Layanan perbankan digital (digital banking) merupakan sebuah inovasi perbankan dalam memberikan pelayanan cepat yang bisa diakses kapan dan dimana saja kepada nasabah. Layanan perbankan digital dapat mempermudah nasabah dalam melakukan pembukaan buku rekening, transaksi perbankan, registrasi, komunikasi, dan penutupan rekening. Terkait dengan ini mutu atau kualitas layanan digital banking tentunya akan berdampak kepada kepuasan nasabah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas digital banking mempengaruhi kepuasan nasabah pada BNI Syariah KC Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan metode non-probability Sampling. Alat analisisnya menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel kualitas desain website, kualitas informasi website, accuracy, speed, dan security secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pengguna digital banking pada BNI Syariah. Secara parsial variabel kualitas desain website dan kualitas informasi website tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pengguna digital banking pada BNI Syariah. Sedangkan variabel accuracy, speed, dan security berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pengguna digital banking pada BNI Syariah.
References
APJII. (2018). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Dipetik Januari 10, 2019, dari Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia: http://www.apjii.or.id
Bank Indonesia. Perbankan Syariah. Dipetik Oktober 31, 2018, dari Bank Indonesia:https://www.bi.go.id/id/perbankan/syariah/contents/default.aspx
BNI Syariah. Beranda. Dipetik Febuari , 2019, dari www.bnisyariah.co.id/id.id/
Fahmi, I. (2013). Kewirausahaan : Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
OJK. (2016). Panduan Penyelenggaraan Digital Branch oleh Bank Umum. Dipetik November 15, 2018, dari www.ojk.go.id
Pratama, D. R., Suyadi. I., Susilo. H. (2014). Persepsi User Terhadap Desain Website E-Commerce (Studi Pada Pengguna Website JKM Store). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 9 No.1
Rahmawanti, I. N., & Lubis, R. (2014). Win-Win Solution Sengketa Konsumen. Yogyakarta: Medpress.
Sanjaya, Iman. (2012). Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementrian KOMINFO Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Penelitian UPTEK-KOM. Vol. 14, No. 1
Sari, N. R.S.N & Budhy, A. (2014). Internet Marketing Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Universitas Sebelas Maret
Sari, Rahma Novita (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Bri Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Jurnal E-Proceeding Of Management, Vol.2, No.1
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2009). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi
Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelangan Puas? Tak Cukup! Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Widyadinata,Yovita & Toly, Agus Arianto (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Ketepatan Waktu, Dan Kerahasiaan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pengguna E-Filing. Jurnal Tax & Accounting Review, Vol. 4, No.1
Wardhana, A. (2015). pengaruh kualitas layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Di Indinesia. DeReMa Jurnal Manajemen, 10, 2.
Zunaidi, M., Waluyo, D. E.,& Agustini, D. (2011). Analisis Pengaruh Akurasi, Ketepatan Waktu Dan Relevansi Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Atemis On Web Di PT. Telkom MSC Area IV Jawa Tengah Dan DIY.Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance Education uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.