Peran dan Kontribusi Islam dalam Dunia Ilmu Pengetahuan

Abid Nurhuda

Abstract


This article aims to describe the role and contribution of Islam in science and its impacts. The method used is descriptive-qualitative with a literature study approach. The results of the study show that the role and contribution of Islam in science and its impact on life are the naqliyyah sciences, where Aqidah is the paradigm, sharia is the standard for its use, and morality is the ethics. The aqliyyah sciences cover medicine, mathematics, science (Physics, Astronomy, and Chemistry), and social sciences (Economics, Geography, and Psychology). In addition, Islam also contributed to translating works into Latin, providing concepts and methodologies to the West, introducing notation and decimal numbers, using works in college, helping to stimulate European thinking, pioneering universities in Europe, maintaining Greco-Persian, spreading new teachings in Europe, and teaching knowledge about hospitals. 

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait Peran Dan Kontribusi Islam Dalam Ilmu Pengetahuan Beserta Dampaknya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dan kontribusi islam dalam ilmu pengetahuan beserta dampaknya terhadap kehidupan antara lain dalam ilmu-ilmu naqliyyah dimana Aqidah menjadi paradigmanya, syariah standar pemanfaatannya dan akhlak sebagai etikanya. Adapun dalam ilmu-ilmu aqliyyah mencakup ilmu kedokteran, matematika, sains (Fisika, Astronomi dan Kimia) hingga ilmu sosial (Ekonomi, Geografi dan Psikologi). Selain itu islam juga berkontribusi dalam penerjemahan karya kepada bahasa latin, pemberian konsep dan metodologi kepada barat, pengenalan notasi dan angka desimal, penggunaan karya di bangku kuliah, membantu merangsang pemikiran orang Eropa, merintis universitas-universitas di Eropa, pemelihara Greco-Persian, menyebarkan ajaran baru di Eropa dan mengajarkan pengetahuan tentang rumah sakit. 


Keywords


Kontribusi Islam; Ilmu Pengetahuan; Kehidupan

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. (2011). Pelaksanaan Syari’at Islam di Aceh dalam Kerangka Sistem Hukum Nasional. Dinas Syari’at Islam Aceh.

Adz Dzikri, D. F., & Solehah, N. (2022). Pemikiran William Montgomery Watt Tentang sosok Muhammad dalam karyanya Muhammad Prophet And Tasteman. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Al-Hadits, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v16i1.10941

Anwar, C. (1994). Kontribusi Islam Terhadap Perkembangan Iptek. Unisia, 14(24), 33–40. https://doi.org/10.20885/unisia.vol14.iss24.art4

Azra, A. (1994). Jaringan ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara abad XVII dan XVIII: Melacak akar-akar pembaruan pemikiran Islam di Indonesia. Mizan.

Bertens, K. (1998). Ringkasan Sejarah Filsafat. Kanisius.

Dakir, D. (2017). KONSEP MULTIKULTURAL PERSPEKTIF KH. IMAM ZARKASYI. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 15(2), 297–311. https://doi.org/10.24090/ibda.v15i2.1337

Daudy, A. (1985). Kuliah Filsafat Islam. Bulan Bntang.

Edi Suharto. (2006). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Refika Aditama.

Gunawan, S. (2019). Peranan Islam Dalam Pembangunan Dunia. El-Qanuny, 5, 46–60. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/elqanuniy/article/download/1763/1518

H.B. Jumin. (2012). Sains Dan Teknologi Dalam Islam. Raja Grafindo Persada.

Hasan, A. (2000). Studi Islam Al-qur an dan as-sunnah. Raja Grafindo Persada.

Hidayat, K. (2012). Agama Punya seribu Nyawa, cet. ke- 2. Noura Books Anggota IKAPI.

Komaruddin. (2002). Ensiklopedia Manajemen. Alfabeta.

M. Thoha. (2012). Kontribusi Islam Pada Sains dan Teknologi. Jurnal Kopertais 4.

Matthew B. Miles and A. Michael Huberman. (1992). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. UI-Press.

Mehdi Nakosteen. (1996). Kontribusi Islam atas dunia intelektual barat : deskripsi analisis abad keemasan Islam Adityawan. Risalah gusti.

Mulyadi Kartanegara. (2006). Gerbang Kearifan Sebuah Pengantar Filsafat Islam. Lentera Hati.

Rizaty, M. A. (2022). Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Terbesar di Dunia pada 2022. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/ragam/detail/populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia-pada-2022

Suryanti, C. (2010). Refleksi dan Tantangannya dalam Mengembangkan Moralitas Kaum Muda. Orientasi Baru, 19(2), 155–170.

Syeikh Taqiyuddin an-Nabhani. (2018). Bulughul Maram Min Kitab Nizamil Islam (I): Pengantar Kitab Nizām al-Islām.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jpi.v2i2.15909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abid Nurhuda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

 

>

Redaksi Junal Pemikiran Islam (JPI): Gedung Fakultas Ushuluddin Lantai 1, Program Studi Aqidan dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Ar-Raniry. Jln. Lingkar Kampus, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7551295. eMail: jpi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).

View My Stats