References
Abdul-Baqi, M. F. (1981). Mu`jam al-mufahras li alfaz al-Qur’an al-Karim.
Afrida, A. (2018). Esensi Manusia dalam Perspektif Al-Qur`an. Al-Qisthu: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Hukum, 16(2), 54. https://doi.org/10.32694/010510
Asy’arie, M. (1991). Konsep manusia sebagai pembentuk kebudayaan dalam al-Qur’an.
Asy’arie, M. (1992). Manusia Pembentuk Kebudayaan Dalam AlQur’an. Lembaga Studi Filsafat Islam (LESFI).
Azmi, M. N., & Zulkifli, M. (2018). MANUSIA, AKAL DAN KEBAHAGIAAN (Studi Analisis Komparatif antara Al-Qur’an dengan Filsafat Islam). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 127. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.75
Budiyanti, N., Aziz, A. A., Suhartini, A., Ahmad, N., & Prayoga, A. (2020). Konsep Manusia Ideal: Tinjauan Teologis Dan Pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 43–67. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i2.6962
Damis, R. (2014). Falsafah Manusia Dalam Al-Qurán. Jurnal Sipakalebbi, 1(2), 201–216.
Dewi, E. (2015). Konsep Manusia Ideal Dalam Perspektif Suhrawardi Al-Maqtul. Substantia, 17(1), 41–54.
Fakih, A., Islam, U., Sultan, N., Hasanuddin, M., Muhajir, M., Islam, U., Sultan, N., Hasanuddin, M., Kultsum, U., Islam, U., Sultan, N., & Hasanuddin, M. (2023). Esensi Manusia Menurut Imam Al-Ghozali Dan. 6(1), 34–46.
Fauhatun, F. (2020). Islam dan Filsafat Perenial: Respon Seyyed Hossein Nasr terhadap Nestapa Manusia Modern. Jurnal Fuaduna : Jurnal Kajian Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 4(1), 54. https://doi.org/10.30983/fuaduna.v4i1.2728
Haryati, T. A. (2013). Manusia Dalam Perspektif Soren Kierkegaard Dan Muhammad Iqbal. JURNAL PENELITIAN, 9(1). https://doi.org/10.28918/jupe.v9i1.132
Hidayat, R. (2017). Konsep manusia dalam Al-Qur’an. Almufida, 2(2), 118–133.
Irawati, D., & Musthafa, I. (2021). Konsep Ilmu menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim dan Urgensinya pada Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 931–941. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.367
Kaelan. (2005). Metode Penelitian Kualitatif bidang Filsafat. Paradigma.
Latief, J. A. (2006). Manusia, filsafat, dan sejarah / Dr. Juraid Abdul Latief, M.Hum (Cet. 1). Bumi Aksara.
Lubis, D. K. (2022). Hakekat Manusia Menurut Muhammad Iqbal dan Kahlil Gibran. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 4(1), 112–121.
Muh. Iqbal. (1981). The Reconstruction of Relegious Thought in Islam.
Nawangsih, E., & Achmad, G. H. (2022). Esensi Manusia dalam Konteks Pendidikan Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3034–3044. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2650
Othman, M. Y., Rahim, F., Wan Abdullah, W. N., & Zulkarnain, A. R. (2018). Evolusi Konsep Manusia dalam Tasawur Barat. Sains Insani, 3(3), 21–27. https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol3no3.68
Plato. (n.d.). Republic.
Purwanto, Y. (2007). Epistemologi psikologi Islami: dialektika pendahuluan psikologi barat dan psikologi Islami. PT Refika Aditama.
Saepul Anwar. (2006). ( Manusia Dimata Filosuf Dan Al-Qur ’ an Serta Kajian Tentang Inti Manusia ). Jurnal Kajian Pendidikan Agama-Ta’Lim, 4(2), 133–142.
Sayidain, K. G. (1981). Iqbal’s Educational Philosophy (M. . Soelaeman (ed.); cet 4). Bandung : Diponegoro,1981.
Schimmel, A. (2018). Dimensi Mistik Dalam Islam (Edition 4). Pustaka Firdaus.
Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an (cet. 1). Rajawali Pers.
Syahputra, H. (2020). Manusia Dalam Pandangan Filsafat. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 2(1). https://doi.org/10.51900/alhikmah.v2i1.7601
Syati, A. bintu. (2003). Manusia dalam perspektif al-qur’an.
Tanjung, M. (2020). Konsep Manusia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. An Nadwah, 25(1), 46. https://doi.org/10.37064/nadwah.v25i1.7480
Yusmaliana, D., & Suyadi, S. (2019). Pengembangan Imajinasi Kreatif Berbasis Neurosains dalam Pembelajaran Keagamaan Islam. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 267. https://doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.4213
Zulkarnain. (2016). Filsafat Khudi Mohammad Iqbal Dan Relevansinya Terhadap Indonesia Kontemporer. AL-LUBB: Jurnal Pemikiran Islam, 1(1), 1–110.