PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN DASAR ELEKTONIKA PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v6i2.10090Keywords:
Model cooperative script, , hasil belajar siswa, respon siswaAbstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X Teknik Elektronika Industri (TEI) SMK Negeri 2 Banda Aceh menunjukkan model pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 2 Banda Aceh, cenderung teacher based learning sehingga siswa pasif dan model pembelajaran didominasi secara konvensional. Peneliti mencoba menawarkan suatu pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar siswa secara Student center learning yaitu menggunakan metode pembelajaran cooperative Script. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative script. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan the nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen yaitu rata-rata kelas kontrol 53,79 sedangkan kelas eksperimen 81,03. Hasil angket repon siswa juga menunjukan respon yang sangat baik terhadap model pembelajaran cooperative script. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gerbang Logika di kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Banda Aceh sebesar 27,24%.
References
Abdurrahman dan Bintoro. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Rineka Cipta
A’la, Miftahul. (2011). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press
Alit. (2012). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Media Pendidikan
Amaliah, Siti. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Take and Give. Bandung: ITB
Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Bagus D.A., Mochamad C. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif Kelas X Tsm Smk Negeri 1 Nganjuk. JPTM. Volume 05 Nomor 01, hal. 21-27
Chang, Raymond. (2012). Kimia Dasar Edisi Jilid 3. Jakarta: Erlangga
Darmawan, H., Efrata,G., Mastawati, N., Murnihati, S, Lies, D.M.N., Kalvintinus, N., Tatema, T. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol.6, No.1
Fathurrahman. 2016 Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Sekolah Menengah Atas e-Journal. Qalam:Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 5 No. 1
Ibrahim, Muhsin., dkk. (2008). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Linda., H dan Elis. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 131 Volume 8, Nomor 1,
Mudjiono, Dimyati. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Mundilarso. (2004). Pengertian hipotesis. Bandung: Rineka Cipta
Nana, Sujana. (2009). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Yogyakarta: UNY
Nur, A.F., Leonard. 2015. Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Matematika Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI.
Suci, S.A., Wahab, A., Yusuf, H. 2016 Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Dengan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah Volume I, Nomor 2, Hal 120-130
Sudaryono, dkk. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Ulwan, S., Darmawan, Ita, R.R., 2018. Penerapan Model Cooperative Script dalam Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Bangga Sebagai Anak Indonesia. AR-RIAYAH:Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 2.
Yuliana, P.S., Rusdi, Effie E.M. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Materi Lingkara. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol.2, No.1.
Rima, M., Nani, S. 2016 Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Hal. 176-187
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).