PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN DASAR ELEKTONIKA PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 BANDA ACEH

Malahayati Umar

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X Teknik Elektronika Industri (TEI) SMK Negeri 2 Banda Aceh menunjukkan model pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 2 Banda Aceh, cenderung teacher based learning sehingga siswa pasif dan model pembelajaran didominasi secara konvensional. Peneliti mencoba menawarkan suatu pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar siswa secara Student center learning yaitu menggunakan metode pembelajaran cooperative Script. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative script. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan the nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen yaitu rata-rata kelas kontrol 53,79 sedangkan kelas eksperimen 81,03. Hasil angket repon siswa juga menunjukan respon yang sangat baik terhadap model pembelajaran cooperative script. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gerbang Logika di kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Banda Aceh sebesar 27,24%.


Keywords


Model cooperative script,, hasil belajar siswa, respon siswa

References


Abdurrahman dan Bintoro. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Rineka Cipta

A’la, Miftahul. (2011). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press

Alit. (2012). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Media Pendidikan

Amaliah, Siti. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Take and Give. Bandung: ITB

Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Bagus D.A., Mochamad C. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif Kelas X Tsm Smk Negeri 1 Nganjuk. JPTM. Volume 05 Nomor 01, hal. 21-27

Chang, Raymond. (2012). Kimia Dasar Edisi Jilid 3. Jakarta: Erlangga

Darmawan, H., Efrata,G., Mastawati, N., Murnihati, S, Lies, D.M.N., Kalvintinus, N., Tatema, T. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol.6, No.1

Fathurrahman. 2016 Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Sekolah Menengah Atas e-Journal. Qalam:Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 5 No. 1

Ibrahim, Muhsin., dkk. (2008). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Linda., H dan Elis. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 131 Volume 8, Nomor 1,

Mudjiono, Dimyati. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Mundilarso. (2004). Pengertian hipotesis. Bandung: Rineka Cipta

Nana, Sujana. (2009). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Yogyakarta: UNY

Nur, A.F., Leonard. 2015. Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Matematika Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI.

Suci, S.A., Wahab, A., Yusuf, H. 2016 Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Dengan Media Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah Volume I, Nomor 2, Hal 120-130

Sudaryono, dkk. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ulwan, S., Darmawan, Ita, R.R., 2018. Penerapan Model Cooperative Script dalam Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Bangga Sebagai Anak Indonesia. AR-RIAYAH:Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 2.

Yuliana, P.S., Rusdi, Effie E.M. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Materi Lingkara. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol.2, No.1.

Rima, M., Nani, S. 2016 Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Hal. 176-187




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v2i2.10090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats