PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DENGAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI POKOK TEKANAN ZAT DI SMPN 1 MAGINTI
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v7i1.10883Abstract
Kesulitan yang dihadapi siswa dalam mempelajari materi yang sulit selama pandemi COVID-19 menjadi tantangan besar bagi guru dalam mentransformasi pengetahuan terrkhusus pada materi perhitungan seperti IPA dan matematika. Berbagai upaya penggabungan media pembelajaran terus dilakukan untuk mendukung peningkatan daya serap siswa. Penelitian ini berfokus pada membandingkan penggunaan media crossword puzzle dengan media LKS untuk membantu peningkatan kualitas belajar murid SMPN 1 Maginti khususnya pada mata pelajaran tekanan zat. penggunaan metode statistik dengan populasi keseluruhan 300 orang, penelitian ini mengusulkan bahwa berdasarkan analisis regresi linier sederhana diperoleh t hitung sebesar 5,269 dengan nilai rata-rata 81,66 untuk kelas pengguna media teka-teki silang sedangkan kelas pengguna media LKS diperoleh pada hitung sebesar 5,294 dengan nilai rata-rata sebesar 66,37.References
Atiah U, U.M & Tsalatsa AN. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa”, Vol 3, Number 1. Universitas Pendidikan Ganesa, malang, , pp. 46-52
Rohani, 2019. Media Pembelajaran. UIN Sumatera Utara.
Wulan N P J D , I. I. W. S, Jampel I.N. 2019. Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka- Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 7 No. (1) pp. 66-74
Subana, dkk. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa
Edriati Sofiah, Handayani S, Sari NP. 2017. Penggunaan Teka-Teki Silang Sebagai Sebagai Strategi Pengulangan Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Kelas XI IPS. ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/pelangi. Vol. 9 No.2 Juni 2017 Halaman 71-78
Dwikoranto. (2011). Aplikasi Metode Diskusi dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif, Afektif dan Sosial dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 1(2), 40–49.
Salo YA, 2016. “Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas VII SMPN 6 Banda Aceh”. Banda Aceh. ISSN1412-565x
Heke RR, 1999. Analyzing change/gain scores. Indiana: Indiana University 2, 438-335
Sutikno, Sobry. (2014). Metode & model-model pembelajaran. Lombok: Holistica.
Avrilliyanti Herlina, Sri Budiawanti, Jamzuri. 2013. Penerapan Media Komik Untuk Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Dengan Metode Diskusi Pada Siswa SMP NEGERI 5 Surakarta Kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012 Materi Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika (2013) Vol.1 No.1 halaman 156
Juniati Erlyn, 2017. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill Dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 7 No 3, September 2017: 283–291.
Lamajau Eresia, 2014. Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai Melalui Metode Diskusi Kelompok. Jurnal Kreatif Online, Vol. 5 No. 1 ISSN 2354-614X.
Setiawan OG. 2015 “Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Tunarungu Kelas IV”. Jurnal Ortopedagogia, Volume 1, Nomor 4, Juli 2015: 289-295
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).