Pengembangan E-modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Mengukur Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 2 Kota Lubuklinggau
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v7i1.11004Keywords:
E-modul, Contextual Teaching and Learning (CTL), Gerak LurusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Subyek penelitian ini meliputi Validator (Ahli bahasa, media dan materi), guru fisika dan siswa kelas X dalam uji coba kelompok terbatas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket. Berdasarkan hasil analisis ketiga validator menunjukkan bahwa e-modul memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi bahasa 25, hasil validasi media 37, dan validasi materi 48. Sedangkan hasil analisis kepraktisan guru sebesar 40 dan kepraktisan siswa sebesar 39,7 menunjukkan kedua ny kategori praktis. Persentase ketuntasan siswa sebesar 88,8 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) materi gerak lurus kelas X yang dikembangkan peneliti dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.References
Cavilla, D (2017). The effects of student reflection on academic performance and motivation. SAGE Open 7: 1–13.
Endang, M. (2014) Metode Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Halim, A. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di MAN Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 121346
Hamza, A. (2019) Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). 2nd edn. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Herdiana. (2013). Pendekatan Kontekstual Dalam Chemical of Pembelajaran. Journal Information and Modeling. 53(9), hal 1689– 1699.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Nurhasanah, N., Kasmita, W., Aswirna, P., Abshary, FI., (2020). Developing Physics E-Module Using “Construct 2”to Support Students' Independent Learning Skills. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, Vol. 3 (2), 79-94.
Pratiwi, R., Nyeneng, I., & Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(3), 120491.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.
Rahman, Muhammad & Amri, S. (2013) Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Solihun, T. 2018. Pengembangan E-modul Berbasis WEB Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis dan Dinamis SMA 3(2), 51-61
Sugiyono (2010) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 10th edn. Bandung: Alfabeta CV.
Tegeh, M. (2014) Model Penelitian Pengembangan. 1st edn. Edited by N. Jampel. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, H. B. 2008. Teori motivasi & pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Utomo, L. A., Muslimin, M., & Darsikin, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Borg And Gall Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 1 Marawola. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 16.
Widoyoko, Eko Putra. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).