Pengembangan E-modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Mengukur Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 2 Kota Lubuklinggau

Rani Refna Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Subyek penelitian ini meliputi Validator (Ahli bahasa, media dan materi), guru fisika dan siswa kelas X dalam uji coba kelompok terbatas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket. Berdasarkan hasil analisis ketiga validator menunjukkan bahwa e-modul memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi bahasa 25, hasil validasi media 37, dan validasi materi 48. Sedangkan hasil analisis kepraktisan guru sebesar 40 dan kepraktisan siswa sebesar 39,7 menunjukkan kedua ny kategori praktis. Persentase ketuntasan siswa sebesar 88,8 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) materi gerak lurus kelas X yang dikembangkan peneliti dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. 

Keywords


E-modul, Contextual Teaching and Learning (CTL), Gerak Lurus

References


Cavilla, D (2017). The effects of student reflection on academic performance and motivation. SAGE Open 7: 1–13.

Endang, M. (2014) Metode Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Halim, A. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di MAN Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 121346

Hamza, A. (2019) Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). 2nd edn. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Herdiana. (2013). Pendekatan Kontekstual Dalam Chemical of Pembelajaran. Journal Information and Modeling. 53(9), hal 1689– 1699.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Nurhasanah, N., Kasmita, W., Aswirna, P., Abshary, FI., (2020). Developing Physics E-Module Using “Construct 2”to Support Students' Independent Learning Skills. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, Vol. 3 (2), 79-94.

Pratiwi, R., Nyeneng, I., & Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(3), 120491.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.

Rahman, Muhammad & Amri, S. (2013) Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Solihun, T. 2018. Pengembangan E-modul Berbasis WEB Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis dan Dinamis SMA 3(2), 51-61

Sugiyono (2010) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 10th edn. Bandung: Alfabeta CV.

Tegeh, M. (2014) Model Penelitian Pengembangan. 1st edn. Edited by N. Jampel. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, H. B. 2008. Teori motivasi & pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Utomo, L. A., Muslimin, M., & Darsikin, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Borg And Gall Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 1 Marawola. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 16.

Widoyoko, Eko Putra. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v3i1.11004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats