PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MIND MAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR
Abstract
pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbantuan mind map terhadap hasil siswa pada materi perpindahan kalor siswa kelas XI SMKN 1 Proppo Pamekasan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental research) dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 40 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simpel random sampling untuk memperoleh 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kontrol. Data hasil belajar dikumpulkn melalui tes pilihan ganda sebanyak 20 item Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji-t dengan menggunakan independent samples test dengan bantuan program SPSS for windows versi 25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan mindmap berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji-t dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan
Keywords
GROUP INVESTIGATION, LEARNING OUTCOMES, MINDMAP
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v7i1.11032
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OFFICE:
Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License