Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis Problem Solving Pada Materi Alat Optik Di SMA Negeri 6 Palangka Raya
Abstract
Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Problem Solving pada materi alat optik diperlukan pengembangan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Mengetahui kendala yang terjadi saat proses pembelajaran berlangsung; 2) mengetahui media pembelajaran yang digunakan pendidik; 3) Mengetahui alasan dikembangkannya LKPD berbasis Problem Solving pada materi alat optik untuk kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah pendidik fisika dan 22 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Palangka Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pendidik kesulitan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik karena kurangnya media pembelajaran yang kurang tepat untuk digunakan, sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami konsep dari suatu materi yang sedang diajarkan; 2) Pendidik biasanya menggunakan media pembelajaran berupa buku paket, modul pembelajaran, dan LKPD; 3) LKPD dikembangkan untuk melatih keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah, hal ini dilakukan berdasarkan pernyataan peserta didik yang membutuhkan LKPD dengan tampilan menarik. Selain menarik, juga dibutuhkannya LKPD yang memuat fenomena atau kejadian di sekitar dengan tujuan mengarahkan peserta didik untuk memecahkan masalah, LKPD akan dikembangkan pada materi alat optik, dan peserta didik menyatakan 96% membutuhkan LKPD berbasis Problem Solving pada materi alat optik berdasarkan dengan kriteria LKPD yang peserta didik harapkan.
Keywords
References
Abelta, G. A., Ertikanto, C., & Ismu Wahyudi. 2017. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Melalui Pemahaman Konsep. Jurnal Pembelajaran Fisika, V(2).
Asmirani, U., Putra, U., & Asrizal. 2013. Pengaruh Lks Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Fisika Di Kelas VII SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok. Phillar of Physics Education, 85-90.
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D.A., & Septiasari, R. (2019). Hubungan Kompetensi Pedagogik dengan Kompetensi IPA Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar [Relationship of Pedagogical Competence and Science Competency of Elementary School Teacher Education]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, VIII(2), 148-157. doi: 0.21070/pedagogia.v8i2.1872.
Astalini., Kurniawan, D.A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, VIII(1), 34-43.
Erika., Astalini., Kurniawan, D.A. (2021). Penerapan Sintaks Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kurikulum 2013. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, V(1), 147-153.
Fauziah, R., & Fathiah, S. 2016. Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Fluida Statis. EDUSAINS, VIII(2).
Indrasati, H., Indrawati, & Supiriadi, B. (2016). Pengaruh Model Quantum Teaching Diserta LKS Berbasis Kartun Fisika Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, V(1).
Kaha, V., Purnomo, A., Widayanti, D. F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pemecahan Masalah. Jurnal Penelitian & Pengembangan Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 41-47.
Kalsum, U., Musdar, M., Awalia, W.P. 2021. Kelayakan LKPD Fisika Berbasis Problem Solving dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Fluida Statis. PHYGAGOGIC: Jurnal Fisika dan & pembelajarannya, 3(2), 62-70.
Kemendikbud. (2013) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.
Kristiantari, M. R. (2014). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, III(2), 461.
Marsa, Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat, V(1), 42–57.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. 2020. Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, III(2), 423.
Nindyasafitri, F., Serevina, V., & Rustana, C. E. 2017. Pengembangan LKS Berbasis PBL (Problem Based Learning) Pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls Fisika SMA Kelas XI. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 51-57.
Nurhayati, W., Serevina, V., & Bakri, F. (2016). Pengembangan Buku Fisika Multi Representasi Pada Materi Gelombang Dengan Pendekatan Berbasis Masalah. Jurnal Fisika Sains Dan Aplikasinya, 5(1).
Nurliawaty, L., Mujasam., Yusuf, I., Widyaningsih, S.Q. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. Indonesia: Universitas Papua. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 72-81.
Pamungkas, A., Kusdiwelirawan, A. 2020. Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Android. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), IX.
Permendikbud no.69 tahun 2013 tentang Kompetensi Dasar & Struktur Kurikulum SMA-MA.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Lembar Kerja Siswa Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.
Purnamawati, D., Ertikantro, C., & Suyatna, A. 2017. Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, VI(2), 209-219.
Sahida. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Komik untuk Meningkatkan Creative Thinking Skill Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), Vol 2 No. 1.
Santoso, A., Ertikanto, C. 2015. Analisis Kebutuhan LKS Pembelajaran Remedial Mata Pelajaran Fisika Sma/Ma Di Kec. Tanjung Raja. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), IV.
Septiani, E., & Setyowati, L. 2020. Penggunaan Media Pembelajaran Secara Daring Terhadap Pemahaman Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (pp. 121-128).
Sungkono D S, Wirasti M K, Suyanto S, Sofyan H dan Karsimin A 2009 Pengembangan Bahan Ajar (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta).
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v7i1.11042
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OFFICE:
Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License