EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI PhET SIMULATION PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning disertai PhET simulation terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan Hukum Hooke kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dan dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Populasi penelitian ini adalah semua siswa Kelas XI. Sampel penelitian yaitu siswa Kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 yang berjumlah 16 siswa dan 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa berupa soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa >75% hasil belajar siswa di atas KKM yaitu sebesar 81,25% pada Kelas XI IPA 1 dan 83,33% pada kelas XI IPA 3. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai PhET simulation efektif digunakan pada pokok bahasan elastisitas dan Hukum Hooke dalam pembelajaran fisika.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v7i1.11066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OFFICE:
Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License