Analisis Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di SMAN 4 Wira Bangsa Meulaboh
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v7i1.11944Keywords:
Kesulitan belajar, pembelajaran daringAbstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terutama dalam aspek pendidikan di Indonesia. Sistem pembelajaran harus dialihkan sementara menjadi pembelajaran daring. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan menimbulkan berbagai permasalahan seperti kesulitan dalam belajar. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui kesulitan belajar yang dialami peserta didik serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan belajar peserta didik didominasi pada kurangnya kemampuan dalam perhitungan matematis ketika melakukan pemecahan masalah, kurang bisa mengkonversikan satuan serta kurang mampu menggunakan rumus dalam pemecahan soal fisika. Hal ini disebabkan oleh faktor internal yaitu dipengaruhi aspek intelegensi dan faktor eksternal yaitu dalam aspek alat pelajaran dan fasilitas.Downloads
Published
2022-02-06
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).