Analisis Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di SMAN 4 Wira Bangsa Meulaboh

ZAHRIAH ZAHRIAH

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terutama dalam aspek pendidikan di Indonesia. Sistem pembelajaran harus dialihkan sementara menjadi pembelajaran daring. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan menimbulkan berbagai permasalahan seperti kesulitan dalam belajar. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui kesulitan belajar yang dialami peserta didik serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif.  Hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan belajar peserta didik didominasi pada kurangnya kemampuan dalam perhitungan matematis ketika melakukan pemecahan masalah, kurang bisa mengkonversikan satuan serta kurang mampu menggunakan rumus dalam pemecahan soal fisika. Hal ini disebabkan oleh faktor internal yaitu dipengaruhi aspek intelegensi dan  faktor eksternal yaitu dalam aspek alat pelajaran dan fasilitas.

Keywords


Kesulitan belajar, pembelajaran daring



DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v3i1.11944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats