Analisis Kesulitan Belajar Fisika Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di SMAN 4 Wira Bangsa Meulaboh
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terutama dalam aspek pendidikan di Indonesia. Sistem pembelajaran harus dialihkan sementara menjadi pembelajaran daring. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan menimbulkan berbagai permasalahan seperti kesulitan dalam belajar. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui kesulitan belajar yang dialami peserta didik serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan belajar peserta didik didominasi pada kurangnya kemampuan dalam perhitungan matematis ketika melakukan pemecahan masalah, kurang bisa mengkonversikan satuan serta kurang mampu menggunakan rumus dalam pemecahan soal fisika. Hal ini disebabkan oleh faktor internal yaitu dipengaruhi aspek intelegensi dan faktor eksternal yaitu dalam aspek alat pelajaran dan fasilitas.
Keywords
Kesulitan belajar, pembelajaran daring
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v7i1.11944
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OFFICE:
Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License