Analisis Miskonsepsi Fisika SMA pada Materi Gerak Jatuh Bebas Menggunakan Metode CRI

Authors

  • akhmad rosyidan rifaldi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • I ketut mahardika Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • subiki subiki Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • eka citra rahayu Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • naili farika Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • lisa nur afni Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v8i1.13591

Keywords:

Miskonsepsi 1, Certainty of Response Index 2, Gerak Jatuh Bebas 3

Abstract

Kesalahpahaman peserta didik tentang konsep gerak jatuh bebas masih sering terjadi . Penilitian ini dilakukan untuk mengetahui miskonsepsi siswa di SMAN 1 Bangorejo pada materi gerak jatuh bebas. Metode yang digunakan yaitu CRI (Certaity of Response Index). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan 20 soal tes pilihan ganda pada peserta didik  yang dilengkapi dengan indeks keyakinan (CRI). Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan presentase rerata responden dalam Kategori tidak tahu konsep sebesar 31,2069 %, kategori miskonsepsi sebesar 40,34483 % dan kategori menguasai konsep sebesar 28,44828 %. Miskonsepsi tertinggi pada pengaruh massa terhadap GJB sebesar  86,2069 %. Mereka menganggap massa benda berpengaruh terhadap GJB, padahal yang berpengaruh adalah hambatan udara karena ketika 2 benda yang berbeda massanya ketika dijatuhkan dalam ruang vakum tanpa hambatan udara keduanya jatuh secara bersamaan.

References

Azhar, Z., Aliyah, M., dan Binjai, N. (2018). Pembuatan Alat Praktikum Digital Pada Konsep Gerak Jatuh Bebas Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan. 4(1).

Dasriyani, Y., dan Hufri, Y. (2014). Pembuatan Set Eksperimen Gerak Jatuh Bebas Berbasis Mikrokontroler Dengan Tampilan Pc. Jurnal Sainstek. 6(1), 84–95.

Firdaus, T., Erwin, E., dan Rosmiati, R. (2019). Eksperimen Mandiri Siswa dalam Penentuan Percepatan Gravitasi Bumi pada Materi Gerak Jatuh Bebas. Jurnal Ilmiah Multi Sciences. 11(1), 31–36.

Gumay, O. P. U. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Gerak. Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 3(1), 58–69.

Haris V. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Materi Mekanika Dengan Menggunakan Cri (Certainty Of Response Index) . Jurnal Ta"dib. 16(1), 77–86.

Maulida Rahmah, C., Nasir, M., dan Samsul, B. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Certainty Of Response Index(CRI) pada Materi Kinematika Gerak Lurus di MAN 4 Aceh Besar. Jurnal Phi, 2, 5–10.

Nasir, M. (2020). Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Di Sma Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. Jurnal Pendidikan Fisika. 8(1), 61-66.

Puji Rahayu, E. H. (2019). Profil Penguasaan Konsep Siswa Pada Sub Materi Gerak Jatuh Bebas Dengan Menggunakan Four Tier Diagnostic Test. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 8(2), 618–622.

Safriana, S., dan Fatmi, N. (2018). Analisis Miskonsepsi Materi Mekanika pada Mahasiswa Calon Guru Melalui Force Concept Inventory dan Certainty of Response Index. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 6(2), 90–94.

Toda, S., Tati, M., Bhoga, Y., dan Astro, R. (2020). Penentuan Percepatan Gravitasi Menggunakan Konsep Gerak Jatuh Bebas. Jurnal Pendidikan Fisika , 4(1), 30-37.

Published

2022-01-24

Issue

Section

Artikel