Efektivitas Video Pembelajaran Usaha dan Energi Berbasis Multirepresentasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Erika Yolanda Friselya Universitas Jember
  • Indah Wulandari Universitas Jember
  • Regena Yuni Maulida Universitas Jember
  • Ahmad Nur Rozaq Universitas Jember
  • I Ketut Mahardika Universitas Jember
  • Subiki Subiki Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v8i1.13597

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video pembelajaran berbasis multirepresentasi dalam peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Islam Al-Hidayah Mangli. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah peserta didik 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan 3 kali pertemuan dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pre test dan post test. Data tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara pre test dan post test, dimana hasil belajar kelas kontrol (pre test) 66,77 dan kelas eksperimen (post test) 73,83. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran berbasis multirepresentasi efektif dalam peningkatan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X SMA Islam Al-Hidayah Mangli.

Published

2022-01-24

Issue

Section

Artikel