Efektivitas Video Pembelajaran Usaha dan Energi Berbasis Multirepresentasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v8i1.13597Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video pembelajaran berbasis multirepresentasi dalam peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Islam Al-Hidayah Mangli. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah peserta didik 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan 3 kali pertemuan dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pre test dan post test. Data tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara pre test dan post test, dimana hasil belajar kelas kontrol (pre test) 66,77 dan kelas eksperimen (post test) 73,83. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran berbasis multirepresentasi efektif dalam peningkatan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X SMA Islam Al-Hidayah Mangli.Downloads
Published
2022-01-24
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).