Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v8i1.14546Keywords:
Project Based Learning, Berpikir Kreatif, FisikaAbstract
Project Based Learning (PjBL) merupakah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran baik dalam merancang ataupun membuat proyek yang berguna untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan inovatif serta menekankan belajar kontekstual. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa ketika diterapkan model PjBL. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan penelitian kuantitatif dengan model nonequivalent control gruop design Pretest Posttest dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-I berjumalah 30 orang sebagai kelas kontrol dan X-3 berjumlah 19 orang sebagai kelas eksperimen MAS Jabal Nur, kelas eksperimen dalam perlakuan menggunakan penerapan pembelajaran PjBL. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Posttest kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen nilai rata-rata yaitu 73,84 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 63,20, kemudian uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan 2 tailed 0,00 < 0,05. Hasil observasi menunjukkan bahwa aspek kemampuan berpikir kratif siswa yaitu elaboratif mencapai 92% dan diperoleh N-gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang karena siswa mampu membut strategi yang rinci dalam menyelesaikan proyek sesuai timeline, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hukum gravitasi Newton dengan penerapan model PjBL.
References
Rais, Muh. (2013). Project-Based Learning: Inovasi Pmbelajaran yang Berorientasi Soft Skills, Makassar: UNM.
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuyadayaan Nomor 22 tahun 2006 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pakas, H. (2016). Pembelajaran Fluida Dinamis dengan Pembelajaran dengan Penerapan Model Project Based Learning.
Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riyanto,A. (2009). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Sudjana, N. (2015). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Pramudita, W. (2018). Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Model Project Based Learning pada Materi Fluida Statis
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).