Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur

Mulia Sinta, Halimatus Sakdiah, Nanda Novita, Fajrul Wahdi Ginting, Syafrizal Syafrizal

Abstract


Project Based Learning (PjBL) merupakah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran baik dalam merancang ataupun membuat proyek yang berguna untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan inovatif serta menekankan belajar kontekstual. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa ketika diterapkan model PjBL. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan penelitian kuantitatif dengan model nonequivalent control gruop design Pretest Posttest dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-I berjumalah 30 orang sebagai kelas kontrol dan X-3  berjumlah 19 orang sebagai  kelas eksperimen MAS Jabal Nur, kelas eksperimen dalam perlakuan menggunakan penerapan pembelajaran PjBL. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Posttest kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen nilai rata-rata yaitu 73,84 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 63,20, kemudian uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan 2 tailed  0,00 < 0,05. Hasil observasi menunjukkan bahwa aspek kemampuan berpikir kratif siswa yaitu elaboratif mencapai 92% dan diperoleh N-gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang karena siswa mampu membut strategi yang rinci dalam menyelesaikan proyek sesuai timeline, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hukum gravitasi Newton dengan penerapan model PjBL.


Keywords


Project Based Learning; Berpikir Kreatif; Fisika

References


Rais, Muh. (2013). Project-Based Learning: Inovasi Pmbelajaran yang Berorientasi Soft Skills, Makassar: UNM.

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebuyadayaan Nomor 22 tahun 2006 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pakas, H. (2016). Pembelajaran Fluida Dinamis dengan Pembelajaran dengan Penerapan Model Project Based Learning.

Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riyanto,A. (2009). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sudjana, N. (2015). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Pramudita, W. (2018). Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Model Project Based Learning pada Materi Fluida Statis




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats