Analisis Kemampuan Representasi Matematik dan Gambar Siswa SMAN 1 Jember pada Materi Suhu dan Kalor

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v8i2.14645

Keywords:

kemampuan multirepresentasi, pendidikan fisika, suhu dan kalor

Abstract

Pembelajaran dalam fisika menjelaskan materi yang terdiri dari banyak konsep dan teori yang harus dipahami oleh siswa . P enguasaan konsep fisika siswa  yang  masih rendah  karena konsep yang bersifat abstrak Multirepresentasi merupakan suatu cara menyajikan berbagai representasi dalam menanamkan suatu konsep agar mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kategori kemampuan multirepresentasi  yang terdiri dari representasi matematik dan representasi gambar pada siswa XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Jember materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunkan yaitu penelitian deskriptif.Hasil dari penelitian diperoleh kemampuan representasi matematik dan gambar sama-sama berkategori baik dengan besar kemampuan representasi matematik 74,00 persen, lebih tinggi sedikit dibandingkan kemampuan representasi gambar yaitu 70,1 persen.

References

Daftar Pustaka dari Buku:

Nasruroh, Farida. (2017). Pembelajaran Elastisitas dan Hukum Hooke Berorientasi pada Representasi Gambar dan Mtematik dengan Model Pembelajaran "Discovery Learning" di SMAN Kabupaten Jember. Jember: FKIP Universitas Jember (skripsi).

Daftar Pustaka dari Jurnal:

Anugraheni, N.S., Handhika, J., dan Huriawati, F. (2019). Analisis Kemampuan Representasi siswa Menggunakan Instrumen Tes Berbasis Multi Representasi. Seminar Nasional Pendidikan Fisika IV 2018. ISSN: 2527-6670.

Arifah, K., Indrawatiningsih, N., dan Afifah, A. 2020. Analisis Kemampuan Multiple Representasi Siswa dalam Memecahkan Masalah Peluang. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). 6(2), 67-76.

Bagus, C. 2018. Analisis kemampuan representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran pada Kelas VII-B MTs Assyafi’yah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education. 4(2),115-124.

Doyan, A., Taufik, M., dan Anjani, R. 2018. Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 4(1).

Dudeliany, J. A., Mahardika, I. K., dan Maryani, M. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3(3), 254- 259.

Handiyanti, D.R., Mahardika, I.K., dan Astutik, S. 2019. Efektivitas Model PBL Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMA. FKIP e-PROCEEDING. 3(2), 119-124.

Harahap, Ria Astri, dan Derlina Derlina. Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Metode Know-Want-Learn (KWL): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fluida Dinamis‟. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 6.2. 2017. 150.

Hidayatulloh, A. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke dalam Penyelesaian Soal-soal Fisika. Kappa Journal. 4(1), 69-75

Kurniasari, L.Y., dan Wasis, W. 2021. Analisis Kemampuan Multirepresentasi dan Kaitannya dengan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pijar Mipa. 16(2), 142-150.

Mahardika, I.K., Harijanto, A. dan Winata, M.S. 2017. Fluid Dynamic Learning Assisted By Student Worksheet Based Rvm with Setting PBL. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention. ISSN : 2349-2031.

Mahardika, I.K., Riswati, L.I. dan Bachtiar, R.W. 2017. Study of Momentum and Impulse by Setting NHT Cooperative Model with Worksheet RGM for Senior High School. International Journal of Scientific Reserch and Management (IJSRM). Vol. 5 (8) : 6821-6827.

Najib, K., Siswanto, J., dan Saefan, J. 2020. Pengaruh Pendekatan Multirepresentasi terhadap Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Banua Science Education. 1(1).

Suhandi, A. dan Wibowo, F.C. (2012). Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha – Energi dan Dampak terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 8, No 1 (Sari, 2017)

Susilo. (2017). Pengaruh Pembelajaran Multirepresentasu Berbantuan Multimedia terhadap Perubahan Jenis Representasi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol.2, No.1.

Yuniarti, Y. 2016. Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. 5(1).

Yuwono, G. R., Mahardika, I. K., dan Gani, A.A. 2017. Pengaruh Model Pembelarajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Kemampuan Representasi Verbal, Gambar, Matematis, dan Grafik) di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(1), 60-65.

Downloads

Published

2022-07-04

Issue

Section

Artikel