Korelasi Antara Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alatas, F. (2014). Hubungan Pemahaman Konsep dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Edusains, 6(1), 88–96.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Pembelajaran, pengajaran, dan asesmen. Pustaka Pelajar. Yogyakata: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Bollen, L., Kampen, P. Van, Baily, C., & De Cock, M. (2016). Qualitative Investigation into Students’ Use of Divergence and Curl in Electromagnetism. Physical Review Physics Education Research 12, 20134, 1–14. Retrieved from https://doi.org/10.1103/PhysRevPhhysEducRes. 12.020134
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thingking Dispositions and Abilities. University of Illinois. On line at.
Hadiwiyanti. (2015). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMP dan Penerapannya di lingkungan Sekitar. 239. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/22888/1/4201411002).pdf
Kong, S. C. (2015). Computers & Education An Experience of a Three-Year Study on the Development of Critical Thingking Skills in Flipped Secondary Classroom with Pedagogical and Technological Support. Computers & Education, 89, 16–31. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.08.017
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia no 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Purwanto, J., dan Winarti. (2016). Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY. 7(April), 8–18.
Rosdiana, S. R., Sutopo, dan Kusairi, S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 731–737.
Rosdianto, H., Murdani, E., dan Hendra. (2017). Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton. 6(1), 55–57. Retrieved from http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf Juni 2017
Sapitri, U. E. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Kalor.
Sari, A. L. R., Parno, dan Taufiq, A. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA pada Materi Hukum Newton. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, pp. 88–99.
Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Setianingsih, E. (2016). Hubungan ntara Penalaran Formal dengan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar tahun Ajaran 2015/2016.
Shirajuddin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Write (POEW) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Kalor dan Perpindahannya di Kelas X.
Sitepu, S., dan Hasruddin. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Lubukpakam (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ulya, S. H. N. U. N. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Guide Inquiry Berbasis Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas XI SMA (Vol. 2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v8i1.14843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OFFICE:
Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License