Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Sozanolo Giawa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas HKBP Nommensen
  • Mula Sigiro Semikonduktor dan Material Sains NTUST Taiwan
  • Hebron Pardede Program Studi Fisika Universitas Sumatera Utara
  • Herman Alfredo Turnip Program Studi Pendidikan Fisika Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v8i1.14976

Keywords:

Model Kooperatif, Hasil Pembelajaran, Two Stay Two Stray

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi IPA di kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Medan. Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Koooperatif tipe Two Stay Two Stray menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (actioan research), yang dilaksanakan dalam II Siklus. Setiap siklus memiliki tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan dengan jumlah keseluruhan 28 peserta didik. Pada pelaksanaan tindakan siklus I di dapatkan hasil yaitu 15 peserta didik tuntas KKM 70 dengan nilai rata-rata 53,57% dan 13 peserta didik lainnya belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata  46,43%. Sedangkan tindakan siklus II, didapatkan hasil yaitu 23 peserta didik tuntas KKM 70 dengan nilai rata-rata 82,15% dan 4 peserta didik lainnya belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 17,85%. Maka dalam hal ini di simpulkan bahwasanya penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.

Rusman, 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta : Erlangga

Published

2022-01-24

Issue

Section

Artikel