Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v8i1.14976Keywords:
Model Kooperatif, Hasil Pembelajaran, Two Stay Two StrayAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi IPA di kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Medan. Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Koooperatif tipe Two Stay Two Stray menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (actioan research), yang dilaksanakan dalam II Siklus. Setiap siklus memiliki tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan dengan jumlah keseluruhan 28 peserta didik. Pada pelaksanaan tindakan siklus I di dapatkan hasil yaitu 15 peserta didik tuntas KKM 70 dengan nilai rata-rata 53,57% dan 13 peserta didik lainnya belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 46,43%. Sedangkan tindakan siklus II, didapatkan hasil yaitu 23 peserta didik tuntas KKM 70 dengan nilai rata-rata 82,15% dan 4 peserta didik lainnya belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 17,85%. Maka dalam hal ini di simpulkan bahwasanya penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.
Rusman, 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta : Erlangga
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).