Analisis Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Sekolah Menengah di Kecamatan Kontukowuna

Halmuniati Halmuniati, La Wui

Abstract


Tingkat pendidikan orangtua secara teori turut serta mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam memahami konsep fisika, dimana pendidikan orangtua menjadi pendorong bagi anak untuk belajar lebih giat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap pemahaman konsep fisika siswa di sekolah menengah yang ada di Kecamatan Kontukowuna Kabupaten Muna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t persamaan regresi menunjukan bahwa tingkat pendidikan orangtua siswa memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap pemahaman konsep fisika yaitu sebesar 77,4% di SMAN 1 Kontukowuna dan di SMPN 1 Kontukowuna besar pengaruhnya yaitu 88,9%. Dengan hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh tingkat pendidikan orangtua siswa terhadap pemahaman konsep fisika siswa.


Keywords


Tingkat Pendidikan Orangtua; Pemahaman Konsep; SMAN 1 Kontukowuna; SMPN 1 Kontukowuna

Full Text:

PDF

References


Adeyemo, S. a. (2010). Teaching / Learning of Physics in Nigerian Secondary Schools : The Curriculum Transformation , Issues , Problems and Prospects. International Journal of Technology Education, 1(June).

Agommuoh, P. C., & Ifeanacho, A. O. (2013). Secondary School Students’ Assessment of Innovative Teaching Strategies in Enhancing Achievement in Physics and Mathematics. Journal of Educational and Social Research. https://doi.org/10.5901/jesr.2013.v3n8p121

Anderson, L.W. Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk: Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Terjemahan oleh Agung Prihantoro. In Pustaka Pelajar.

Ardiansyah, M. (2020). Kontribusi Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan, dan Kecerdasan Logis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2). https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8578

Bao, L., & Koenig, K. (2019). Physics education research for 21st century learning. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(1). https://doi.org/10.1186/s43031-019-0007-8

Battle, J., & Lewis, M. (2002). The increasing significance of class: The relative effects of race and socioeconomic status on academic achievement. Journal of Poverty, 6(2). https://doi.org/10.1300/J134v06n02_02

Ceka, A., & Murati, R. (2016). The Role of Parents in the Education of Children. Journal of Education and Practice, 7(5).

Décamp, N., & Viennot, L. (2015). Co-development of Conceptual Understanding and Critical Attitude: Analyzing texts on radiocarbon dating. International Journal of Science Education, 37(12). https://doi.org/10.1080/09500693.2015.1061720

Evangelou, M., Goff, J., Sylva, K., Sammons, P., Smith, T., Hall, J., & Eisenstadt, N. (2017). Children’s centres: An English intervention for families living in disadvantaged communities. In Handbook on Positive Development of Minority Children and Youth. https://doi.org/10.1007/978-3-319-43645-6_27

Girod, M., & Wong, D. (2000). An aesthetic (Deweyan) perspective on science learning: Case studies of three fourth graders. In Elementary School Journal (Vol. 102, Issue 3). https://doi.org/10.1086/499700

Halmuniati. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMPN 1 Kontukowuna Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Multimedia. Jurnal Al-Ta’dib, 11(1).

Hasbullah, H. (2018). Lingkungan Pendidikan dalam Al-Qur’an dan Hadis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01). https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.833

Kola, Aina, J. (2017). Developing a Constructivist Model for Effective Physics Learning. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Volume-1(Issue-4). https://doi.org/10.31142/ijtsrd85

Lang, J.-P., Bonnewitz, M.-L., Kusterer, M., & Lalanne-Tongio, L. (2014). Usage d’alcool chez les patients souffrant de troubles psychiatriques: Quelles évaluations? Quelle prise en soin? = Alcohol consumption in patients with psychiatric disorders: Assessment and treatment. L’Encéphale: Revue de Psychiatrie Clinique Biologique et Thérapeutique, 40(4).

Reskia, S., Herliana, & Zulnuraini. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SDN Inpres 1 Birobuli. Elementary School of Education, 2(2).

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran - Dr. Wina Sanjaya, M.Pd - Google Books. Kencana,Prenadamedia Group.

Singh, D. S., Horo, N., & Kumar Singh, D. V. (2016). Parental Education and Academic Performance of Students at Secondary Level. International Journal of Advanced Education and Research, 1(3).

Sunain, S. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam Pada Semester I. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.942

Wambugu, P. W., Changeiywo, J. M., & Ndiritu, F. G. (2013). Investigations of Experiential Cooperative Concept Mapping Instructional Approach on Secondary School Girls’ Achievement in Physics in Nyeri County, Kenya. Journal of Education and …, 4(6).

Y. Erinosho, S. (2013). How Do Students Perceive the Difficulty of Physics in Secondary School? An Exploratory Study in Nigeria. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education, 3(Special 3). https://doi.org/10.20533/ijcdse.2042.6364.2013.0212




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v3i4.14981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats