Pengaruh Waktu Kontak Terhadap Penurunan BOD, COD, Dan Fe Pada Air Sungai Batang Toru Menggunakan Metode Elektrokoagulasi

Masthura Masthura, Miftahul Husnah, Dwi Utami Panggabean

Abstract


Sungai Batang Toru merupakan sungai yang menunjang kehidupan sebagian besar masyarakat Batang Toru. Akan tetapi, dampak dari olahan air limbah pertambangan emas Batang Toru mengakibatkan kualitas dan kuantitas air sungai Batang Toru mengalami penurunan. Penelitian ini tentang bagaimana pengaruh waktu kontak terhadap penurunan kadar BOD, COD, dan Fe menggunakan metode elektrokoagulasi. Adapun variasi waktu yang diberikan, yaitu 15 menit, 30 menit, dan 45 menit. Waktu kontak 15 menit merupakan waktu terbaik dalam penurunan kadar BOD dan COD. Nilai penurunan BOD mencapai 20 mg/L dengan efisiensi 66,67%  dan nilai penurunan COD mencapai 28,8% mg/L dengan efisiensi 54,54%. Untuk Fe waktu kontak 45 menit merupakan waktu terbaik dalam penurunan kadar, dengan nilai penurunan Fe mencapai 1,42 mg/L dengan efisiensi 99,39%.


Full Text:

PDF PDF

References


Achmad, R. 2004. Kimia Lingkungan. Yogyakata, Andi Offset.

Al-Qodah, Z., & Al-Shannag, M. 2017. Heavy metal ions removal from wastewater using electrocoagulation. Processes: a comprehensive review. Separation Science And Technology, 52(17), 2649-2676.

Gustiana, E.G., dan Widayatno, T. 2020. Penerapan Teknik Penurunan Kadar COD BOD Dan TSS Limbah Cair Pabrik Tahu Dengan Metode Elektrokoagulasi Secara Kontiniu Menggunakan Elektroda Besi. Proceeding of The URECOL, 72-78.

Masthura, M. 2019. Penerapan Metode Elektrokoagulasi Sebagai Alternatif Pengolah Air Bersih. LP2M UIN Sumatera Utara.

Mukimin, A. 2006. Pengolahan Limbah Industri Berbasis Logam Dengan Teknologi Elektrokoagulasi Flotasi Doctoral Dissertation, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Ridantami, V., Wasito, B., & Prayitno, P. 2017. Pengaruh Tegangan Dan Waktu Pada Pengolahan Limbah Radioaktif Uranium Dan Thorium Dengan Prose Elektrokoagulasi. Jurnal Forum Nuklir Vol. 10, No. 2, PP. 102-107.

Susilawati. Dkk. 2021. Elektroda Tembaga Pada Proses Elektrokoagulasi Dalam Penjernihan Air Sungai. Pasuruan : Qiara Media.

Suswanto N. 2017. Penyisihan Fe, Warna, Dan Kekeruhan Pada Air Gambut Menggunakan Metode Elektrokoagulasi. Jurnal Tehnik Lingkungan, 6 (2).

Tambunan, A. K. 2020. Studi Penurunan Kadar Besi (Fe), Tembaga (Cu) Dan Timbal (Pb) Pada Air Lindi (LEACHATE) Dengan Metode Elektrokoagulasi Menggunakan Elektroda Besi (Fe). Skripsi USU. Medan.

Vaujiah, H. (2018). Perbandingan Efisiensi Penurunan Kesadahan Air Menggunakan Elektroda Aluminium (A1) Dengan Konfigurasi Monopolar Dan Bipolar Pada Proses Elektrokoagulasi. Skripsi USU. Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v3i4.15956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats