Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Bahan Ajar Flip Pdf Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Fisika Kelas X di SMA Banyuasin II
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v9i1.16135Keywords:
model pembeljaran problem solving terhadap pemahaman konsepAbstract
Masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran problem solving terhadap pemahaman konsep siswa di SMA, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan bahan ajar flip pdf kemampuan siswa dalam pemahaman konsep fisika kelas X di SMA Banyuasin II.. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian Posstest-Only control design. Penelitian ini menggunakan 2 sampel yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem solving berbantuan bahan ajar flip pdf dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. berdasarkan hasil perhitungan interpolasi distribusi t maka diperoleh t_tabel = 1,997 dari harga t yang diperoleh diatas dapat dilihat bahwa t_hitung>t_tabel (2,6192 > 1,997) maka tolak Ho dan diterima Ha, berarti ada pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan bahan ajar flip pdf terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman konsep fisika kelas X diSMA N 1 Banyuasin II.setelah dilakukan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Banyuasin II hal ini terlihat dari hasil rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen 3,4 sedangkan kelas kontrol 3,2References
Anderson, L. W., dan David R. Krathwohl. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesment (ED.1., cet). Pustaka Pelajar.
Argusni, R., dan Sylvia, I. (2019). Implementasi Pelaksanaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.24036/sikola.VIII1.9
Arikunto, S. (2013a). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Sinasis, 1(1), 103–116.
Indah, S., Eko, R., dan Henny, J. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Alat-Alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152.
Jauhar, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(1), 141. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i2.5285
Lestari, E., Nulhakim, L., dan Suryani, D. I. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338–345.
Mauke, M., Sadia, I. W., dan Suastra, I. W. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTS Negeri Negara. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2). http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/download/796/581
Nisa, A. H., Mujib, M., dan Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Prastowo, A. (2016). Perbaikan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Bahan Ajar Mengacu Kurikulum 2013. Digilib.Mercubuana.Ac.Id.
Pratama, M. I. L., dan Maryati, S. (2021). Pengembangan Suplemen Bahasan Ajar Geografi Pariwisata Pada Materi Potensial Ekowisata di Kawasan Teluk Tomini. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, XIII(1), 31–48.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Taqwa, M. R. A., dan Rivaldo, L. (2019). Pembelajaran Problem Solving Terintegrasi Phet: Membangun Pemahaman Konsep Listrik Dinamis. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 45–56. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p45--56
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 196. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.585
Watin, E., dan Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk melatihkan keterampilan proses sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1, 124–129. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/25
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).