Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Materi Momentum dan Impuls Dengan Berbantuan Software Tracker di SMA PGRI Sialingan

Indri Rahayuningsih, Patricia Lubis, Sulistyawati Sulistyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan analisis siswa pada materi momentum dan impuls dengan berbantuan Software Tracker di SMA PGRI Sialingan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs dan jenis desain yaitu one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal essay dan non-tes berupa angket/kuesioner dan observasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya peningkatan pada kemampuan analisis peserta didik pada materi momentum dan impuls serta menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan analisis siswa pada materi momentum dan impuls dengan berbantuan Software Tracker di SMA PGRI Sialingan. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil analisis data tes dan non-tes yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik serta hasil perhitungan analisis data uji hipotesis yang diperoleh nilai thitung 9,709 lebih besar dari nilai ttabel 2,120 dengan nilai signifikan <0,001.


Keywords


Discovery Learning, kemampuan analisis, Software Tracker

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., dan Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom's Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Anjarwati, N. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X Materi Gerak Lurus. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, Volume 9, Nomor 2.

Aprilia, M., Lubis, P. H., dan Lia, L. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA Berbantuan Software TrackerPada Materi GHS. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, Volume 6 Nomor 2.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar : Teraktual Dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Daryanti, S., Sakti, I., dan Hamdani, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Model Problem Solving Berorientasi Higher Order Thinking Skills Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Kumparan Fisika, Vol 2, no 2.

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Fadholi, L., Harijanto, A., dan Lesmono, A. D. (2018). Analisis Video Kejadian Fisika Dengan Software Tracker Sebagai Rancangan Bahan Ajar Momentum dan Impuls Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 7 No.3.

Handayani, E., & Simamora, P. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media phET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Tingkat SMA Pada Materi Pokok Fluida Dinamis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, Vol. 7 No 3.

Herlina, K., Raflesiana, V., dan Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Tracker pada Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Interpretasi Grafik Siswa. Gravity:Jurnal ilmiah Penelitian dan Pembelajaran, Vol.5, No.1.

Irawati, T. N., & Mahmudah, M. (2018). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Kadikma, vol 9, No. 2, hal. 1-11.

Meriyana, R., Suprapto, P. K., dan Hernawati, D. (2020). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Sub Konsep Bryophyta dan Pteridophyta di Kelas X SMA IT Riyadlussholihin Sukaratu. Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 2, No. 2.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif : Perumusan Masalah Dalam Penelitian Kualitatif. Kota Banda Aceh: Remaja Rosdakarya.

Nabilah, M., Sitompul, S. S., dan Hamdani. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika, Vol 1, No 1.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Para Ilmu.

Nugraha, G., Sarkani, dan Supianti, I. I. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. PJME, Vol. 10 No. 1.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kota Bengkulu: Prenada Media.

Setiyani, Sagita, L., & Herdiawati, I. E. (2020). Perepan Model Murder Terhadap Peningkatan Kemampuan Analisis dan Evaluasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 9, N0 3

Sugiyono. (2019). Metode Penelitin Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Yulietta, R. (2018). Fisika Untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jawa Barat: CV Arya Duta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v4i1.16136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats