Case Based Learning Pada Pembelajaran Fisika Di SMK Negeri 2 Pangkep

Authors

  • Siti Nurcahya Kasmiryanti Ar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sindi Sindi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurazmi Nurazmi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tri Hastiti Fiskawarni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Yulianti Ratte Misa SMK Negeri 2 Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v9i1.16929

Keywords:

CBL, Hasil belajar fisika.

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Pangkep Kelas X TPBO 2 dengan menerapkan model pembelajaran Case Based Learning (CBL). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 33 siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, rata-rata skor pre test adalah 56,21 dan skor post test adalah 67,72. Skor ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 11,51 poin dengan standar n-gain 0,26 dan tergolong rendah, selanjutnya data penelitian siklus II Nilai rata-rata pre test adalah 70,75 dan post test 89,54, mengalami peningkatan sebesar 18,79 poin. Standar n-gain pada siklus II sebesar 0,64 dengan kualifikasi sedang. Dari data tersebut terlihat bahwa standar gain belajar fisika mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dan tergolong dalam kualifikasi sedang pada Siklus II.

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Artikel