Open Ended Learning pada Pembelajaran Fisika Tingkat SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v9i1.17569Keywords:
HOTS, keefektifan, normalitas gain, dan quasi eksperimentalAbstract
Beragamnya metode yang dikembangkan untuk meningkatkan Higher Order Thingking Skill (HOTS) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), dan satu yang populer adalah Open Ended Learning. Penelitian ini mengeksplorasi pandangan keefektifan Open Ended Learning dalam meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan nonequivalent control group desain. Peneliti melakukan uji pada 2 kelas XI yang masing-masing berjumlah 18 Siswa. Data menunjukkan bahwa: 1) Nilai > yaitu 15.373 > 1.691; 2) Nilai normalitas gain pada kelas eksperimen sebesar 0,71 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,12. Peneliti menyimpulkan penerapan Open Ended Learning sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik sehingga perlu diterapkan dalam pembelajaran fisika di tingkat SMA/MA.
References
Herdiman, Indri. 2017. Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika. 3(2), 195-204.
Huda, M, dkk. Higher Order Thinking Skills (Hots) Dalam Materi Dan Soal Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Sma Terbitan KEMENDIKBUD RI. 2021. PRASI: Jurna Bahasa, Seni dan Pengajarannya. 16 (2), 128-143.
Karinaningsih. 2010. Studi Komparasi Pembelajaran TIK dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Structure (NHTS) dan Model Pembelajaran AIR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Skripsi Pendidikan Ilmu Komputer UPI. Bandung, Tidak Diterbitkan.
Kurniati, Risna dan Astuti, Mardiah. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. JIP : Jurnal Ilmiah PGMI. 2(1), 1–18.
Lestari, K. D., dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology. 1 (3), 169-175.
Nasrum, Akbar. 2018. Uji Normalitas Data Untuk Penelitian. Bali, Jayapangus Press.
Romli, S dan Agustiawan. 2020. Meningkatkan HOTS Siswa Melalui Penerapan LKS Berbasis Open Ended Problem Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika. 5(2), 113–118.
Sianturi, Rektor. 2022. Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama. 8 (1), 386–397.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung, Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).