Open Ended Learning pada Pembelajaran Fisika Tingkat SMA/MA

Nurhayati Nurhayati, Ida Meutiawati, Dinda Burhani

Abstract


Beragamnya metode yang dikembangkan untuk meningkatkan Higher Order Thingking Skill (HOTS) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), dan satu yang populer adalah Open Ended Learning. Penelitian ini mengeksplorasi pandangan keefektifan Open Ended Learning dalam meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan nonequivalent control group desain. Peneliti melakukan uji pada 2 kelas XI yang masing-masing berjumlah 18 Siswa. Data menunjukkan bahwa: 1) Nilai  >  yaitu 15.373 > 1.691; 2) Nilai normalitas gain pada kelas eksperimen sebesar 0,71 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,12. Peneliti menyimpulkan penerapan Open Ended Learning sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik sehingga perlu diterapkan dalam pembelajaran fisika di tingkat SMA/MA.


Keywords


HOTS, keefektifan, normalitas gain, dan quasi eksperimental

Full Text:

PDF

References


Herdiman, Indri. 2017. Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika. 3(2), 195-204.

Huda, M, dkk. Higher Order Thinking Skills (Hots) Dalam Materi Dan Soal Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Sma Terbitan KEMENDIKBUD RI. 2021. PRASI: Jurna Bahasa, Seni dan Pengajarannya. 16 (2), 128-143.

Karinaningsih. 2010. Studi Komparasi Pembelajaran TIK dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Structure (NHTS) dan Model Pembelajaran AIR untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Skripsi Pendidikan Ilmu Komputer UPI. Bandung, Tidak Diterbitkan.

Kurniati, Risna dan Astuti, Mardiah. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. JIP : Jurnal Ilmiah PGMI. 2(1), 1–18.

Lestari, K. D., dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology. 1 (3), 169-175.

Nasrum, Akbar. 2018. Uji Normalitas Data Untuk Penelitian. Bali, Jayapangus Press.

Romli, S dan Agustiawan. 2020. Meningkatkan HOTS Siswa Melalui Penerapan LKS Berbasis Open Ended Problem Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika. 5(2), 113–118.

Sianturi, Rektor. 2022. Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama. 8 (1), 386–397.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung, Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v4i1.17569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats