Identifikasi bawah permukaan Komplek Indrapuri menggunakan Metode Magnetik

Dina Gunarsih

Abstract


Daerah Kuta Cot Glie tersusun dari batuan beku dan metamorf yang bermanfaat sebagai bahan galian C maupun potensi keberadaan mineral ekonomis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi batuan di daerah penelitian beserta kedalamannya. Metode yang digunakan adalah metode magnetik yang mengukur medan magnet berasal dari bumi, diurnal, dan anomali magnetik. Untuk mendapatkan anomali magnetik, maka menggunakan koreksi IGRF dan diurnal. Hasil dari penelitian ini adalah kondisi bawah permukaan Kompleks Indrapuri yang terdiri dari serpentinit, batuan peridotit dan sedikit endapan laterit hasil pelapukan batuan ultramafik. Batuan serpentinit memiliki ketebalan mencapai 50 meter dan peridotit dengan ketebalan lebih dari 50 meter.

Full Text:

PDF

References


Bennet, J.D., Bridge, D.McC., Cameron, N.R., Djunuddin, A., Ghazali, S.A., Jeffery, D.H., Kartawa, W., Keats, W., Rock, N.M.S., Thomson, S.J., and Whandoyo, R. 1981. Geological Map Of The Banda Aceh Quadrangle, Sumatra

Sartika, D., Gunawan, R., Muhni, A., dan Adrian, F. 2022. Petrogenesis of Igneous Rock in Siron Krueng Area, Kuta Cot Glie District, Aceh Regency, Aceh Province. Journal of Aceh Physics Society. Vol. 11 (1), 8 – 16.

Rahmatillah L. F., Gunarsih, D., Sartika, D., dan Muhni, A. Aplikasi metode magnetik untuk identifikasi sebaran bijih besi dalam dan dangkal. Jurnal Hadron. Vol.5 (1), 15 – 23.

Milsom, J. 2003. Field Geophysics. England, John Wiley & Sons.

Reynolds, J.M. 2011. An Introduction to Applied and Environmental Geophysics. John Willey & Sons Ltd.

Dobrin, M.B. dan Savit, C.H. 1988. Introduction to Geophysical Prospecting. Singapore, McGraw – Hill.

Everett, M.E. 2013. Near-surface Applied Geophysics. United Kingdom, Cambridge University Press.

Best, M.G. 2003. Igneous and Metamorphic Petrology. United Kingdom, Blackwell Science Ltd.

Khalid, M.R., Syamsudin, F., Zaini, N., dan Sugiyanto, D. 2021. Application of 2D resistivity method to determine serpentinite rocks in Kuta Cot Glie, Aceh Besar. Journal of Aceh Physics Society. Vol. 10 (1), 12-16.

Florsch, N., Muhlach, F., dan Kammenthaler, M. 2018. Everyday Applied Geophysics 2. ISTE Press Ltd.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v4i2.17809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats