KEMAMPUAN CRITICAL THINGKING SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BEDUAI PADA MODEL PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN E-MODUL MATERI FLUIDA DINAMIS
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v10i1.17897Keywords:
E-modul, Critical Thingking, Pembelajaran DaringAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Deskripsi Kemampuan Critical Thingking Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Beduai Pada Model Pembelajaran Daring Materi Fluida Dinamis. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data lengkap mengenai “Deskripsi Kemampuan Critical Thingking Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Beduai pada Model Pembelajaran Daring Materi Fluida Dinamis”. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain: pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Beduai yang berjumlah 33 orang terdiri dari 22 siswi perempuan dan 11 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh deskripsi kemampuan critical thingking siswa dengan rata-rata keseluruhan yaitu 79% siswa berada di kategori rendah, 6% siswa berada di kategori sedang dan 15% siswa berada di kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan critical thingking siswa pada pembelajaran daring materi fluida dinamis rata-rata keseluruhan berada pada kategori rendah yaitu 79%References
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Apriadi, M. A., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sebelum Dan Sesudah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4, 12.
Ermavianti, D. (2020). Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Tata Rias. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.142
Fathiah, F., Kaniawati, I., & Utari, U. (2015). Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 01(1), 111–118. https://doi.org/10.21009/1.01116
Harum, C. L., Syukri, M., Yusrizal, Y., & Nurmaliah, C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis PhET Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 164–174. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.15776
Hendri, S., Handika, R., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Enginiring, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395–2403. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1172
Herliandry, L. D., Harjono, A., & ’Ardhuha, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X dengan Model Brain Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.166
Makrufi, A., Hidayat, A., Muhardjito, M., & Sriwati, E. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Peran Pendidikan, Sains, dan Teknologi dalam Membangun Intelektual Bangsa dan Menjaga Budaya Nasional di Era MEA, 9.
Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592
Nadeak, B., Juwita, C. P., Sormin, E., & Naibaho, L. (2020). Hubungan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(2), 98–104. https://doi.org/10.29210/146600
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(3), 4.
Rosdiana, S. R., Sutopo, S., & Kusairi, S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(6), 731. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12484
Saumi, N. N., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 7(1), 7.
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p13-21
Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity, 5(1), 10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).