Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbaisis Inkuiri dada Materi Fluida Dinamis untuk Peserta Didik Tingkat SMA
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v9i2.18829Keywords:
LKPD, Inkuiri, Fluida DinamisAbstract
Pemahaman peserta didik terhadap konsep fisika yang benar dalam pembelajaran belum sepenuhnya tercapai. Salah satu usaha untuk dapat mewujudkan ketercapaian tersebut adalah menyediakan bahan ajar fisika yang dapat memudahkan peserta didik dalam memahami konsep tersebut. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri pada materi fluida dinamis untuk peserta didik SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Analysis, Desaign, Development, Implementation and Evaluation (EDDIE). Setelah didesain, LKPD divalidasi kepada empat orang dosen yaitu dua orang sebagai validator aspek media dan dua orang sebagai validator aspek materi dengan menggunakan instrument Lembar Validasi untuk menilai tingkat kelayakan LKPD tersebut. Setelah itu peneliti juga menilai respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan, dengan menggunakan instrument Angket. Data yang diperoleh baik dari validasi LKPD maupun respon peserta didik terhadap LKPD adalah data kualitatif (data naratif) yang kemudian diubah menjadi data kuantitatif (data terukur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD fisika berbasis inkuiri mendapatkan kelayakan dengan persentase 93,33% dalam aspek materi dan 96,83% dalam aspek media, dimana kedua aspek tersebut masuk ke dalam kriteria sangat layak. Selain itu 82,75% peserta didik memberikan respon yang positif.References
Nuayi, N. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Pengetahuan Kognitif Siswa. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 1–9
Rusman (2012). Model-model Pembelajaran. Depok, PT Rajagrafindo Persada
Samudra, G.B., Suastra, I.W., Suma, K. (2014). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pascasarjana Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Vo. 4, Indonesia.
Saputri, R.H., Deswita, P., Fauzi, A., Ratnawulan (2020). Efektifitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Generatif. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, vol. 6, no. 2, Indonesia
Sari, I. S., Lestari, S. R., & Sari, M. S. (2020). Development of A Guided Inquiry-Based E-module on Respiratory System Content Based on Research Results of the Potential Single Garlic Extract (Allium sativum) to Improve Student Creative Thinking Skills and Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 228–240.
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R and D. Bandung, Alfabeta.
Suplemen, P., Ajar, B., Berbasis, B., & Identifikasi, R. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 155–161.
Triantoro (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatof-progresif. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Wagiran. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta, Deepublish.
Widoyoko, EP. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta, Pustaka Belajar.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).