Profil Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA Fisika

Danang Sulistyo, Hari Anggit Cahyo Wibowo, Indrawati Wilujeng

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran fisika. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA di Kota Surabaya tahun akademik 2022/2023. Ada tiga tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket sikap ilmiah. Berdasarkan hasil angket diperoleh informasi berupa nilai skor rata rata sikap ilmiah tertinggi adalah indikator rasa ingin tahu 76,78% dengan nilai mendapatkan kriteria baik. Indikator rasa ingin tahu dengan nilai 71,21% mendapatkan kriteria baik. Indikator objektif sebesar 39,08% dengan kriteria cukup . Indikator cermat berkeputusan sebesar 68,96% dengan kriteria baik. Indikator terbuka 48,27% dengan kriteria kurang baik. Indikator jujur dan tekun berturut-turut sebesar 32,14 % dan 55,17% dengan kriteria masing-masing yaitu tidak baik dan cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah rata-rata siswa pada mata pelajaran fisika termasuk pada kategori cukup baik.


Keywords


Sikap ilmiah; Siswa; Fisika

Full Text:

PDF

References


Asiani, A., Sjaifuddin, S., dan Biru, L. T. 2021. Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII pada Tema Panas Di Bumiku. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 113–119.

Azhari, S., Suastra, I. W., dan Sudiatmika, A. A. I. A. R. 2020. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Sikap Ilmiah Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Denpasar. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2).

Ekawati, E. Y. 2016. Components of Scientific Attitude for Teacher Observation in Physics Learning in Senior High School. in Elvin Yusliana Ekawati (Ed.), International Conference on Educational Research and Evaluation (ICERE) (pp. 43–47).

Harefa, A. R. 2019. Peran Ilmu Fisika dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Warta, 60 (April).

Harso, A., Suastra, I. W., dan Sudiatmika, A. I. A. R. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Langke Rembong Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).

Hs, D. W. S., dan Kistian, A. 2020. Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 174–188.

Kusherawati, L., Windyariani, S., dan Setiono, S. 2020. Profil Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP, Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Laboratory Experiment Method (Gilem). Biodik, 6(2), 168–175.

Lukma, H. N. 2017. Pembelajaran Fisika dengan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Animasi dan Pictorial Riddle Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Qua Teknika, 7(1).

Nadia Yensi Febriana, dan Wulandari, M. 2022. Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika di SMAN 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1).

Noperman, F. 2022. Pendidikan Sains dan Teknologi : (2nd ed., Issue June 2020). Universitas Bengkulu Press.

Novallyan, D., Safita, R., Gusfarenie, D., dan Sumitro, S. 2021. Analisis Sikap Ilmiah Mahasiswa Pada Praktikum Mata Kuliah Biologi Umum Di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Biodik, 7(4), 177–182.

Parwati, G. A. P. U., Rapi, N. K., dan Rachmawati, D. O. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1).

Putra, D. S., Lumbantoruan, A., dan Samosir, S. C. 2019. Deskripsi Sikap Siswa: Adopsi Sikap Ilmiah, Ketertarikan Memperbanyak Waktu Belajar Fisika dan Ketertarikan Berkarir di Bidang Fisika. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Rahman, A., Wahyuni, I., dan Rifqiawati, I. 2017. Profil Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Di Smp Satu Atap Pulau Tunda. School Education Journal, 7(1), 1–7.

Rinsiyah, I. 2016. Pengembangan Modul Fisika Berbasis CTL untuk Meningkatkan KPS dan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2).

Rusni, Bahri, A., dan Ristiana, E. 2020. Profil Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD Inpres Ana Gowa dan SD Negeri Tombolo K Profile of Scientific Attitudes of Grade IV Students of Inpres Ana Gowa Elementary School and Tombolo State Elementary School K. Jurnal Sainsmat, IX(1), 82–90.

Sari, C. E. 2020. Identifikasi Sikap Ilmiah dalam Melakukan Praktikum Fisika pada Peserta Didik SMAN 12 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(1).

Sari, Y. A., Hindriana, A. F., dan Redjeki, S. 2019. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 7(1), 48.

Siski Fitriani, R., dan Lasdi Irmansyah, T. 2021. Identifikasi Adopsi Sikap Ilmiah dan Kesenangan Belajar Fisika di SMAN 10 Batanghari. Integrated Science Education Journal, 2(1).

Utomo, A. C., Abidin, Z., dan Rigiyanti, H. A. 2020. Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Sikap Ilmiah Pada Mahasiswa PGSD. Educational Journal of Bhayangkara, 1(1), 1–10.

Wahyuningsih, R., Wahyuni, S., dan Lesmono, A. D. 2016. Pengembangan Instrumen Self Assessment Berbasis Web untuk Menilai Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4).

Wijaya, S. A., Medriati, R., dan Swistoro, E. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v4i2.18832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats