Visualisasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Virtual Reality Pada Materi Ajar Hukum Hooke di Kelas XI-MIPA MAN 2 Aceh Barat

Ubaidillah Ubaidillah

Abstract


Pembelajaran virtual dikenal sebagai terobosan terbaru untuk pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman. Teknologi virtual yang biasanya kita temui pada dunia hiburan, tampaknya bisa diadaptasi selama proses pembelajaran terutama materi ajar Fisika. Rancangan penelitian ini dengan tujuan untuk mengembangkan pembelajaran Fisika menggunakan Virtual Reality (VR). VR adalah teknologi berbasis komputer dengan menyajikan gambaran dunia nyata pada dunia imajinasi berbentuk tiga dimensi (3D) dengan audio pada waktu bersamaan. Pemilihan materi ajar Hukum Hooke dianggap sangat dekat dengan keseharian peserta didik. Penggunaan VR selama proses pembelajaran Hukum Hooke bisa mengubah persepsi peserta didik terhadap pembelajaran kaku yang selama ini diterima. Dengan bantuan teknologi terbarukan, VR bisa menyulap pembelajaran dari yang biasa saja menjadi luar biasa berkat bantuan 3D. Pengemasan materi yang seolah-olah nyata menjadi hal baru bagi anak-anak yang selama ini cuma mengandalkan VR sebagai sarana hiburan semata. Research and Development adalah metode yang digunakan selama melakukan penelitian ini. Pengembangan VR selama proses pembelajaran meliputi analisis dan masalah, pengumpulan informasi, dan desain produk. Penelitian ini membawa perubahan yang signifikan terhadap proses pembelajaran menggunakan VR pada materi ajar Hukum Hooke di Kelas XI-MIPA MAN 2 Aceh Barat. 


Keywords


Visualisasi Pembelajaran, Virtual Reality, Hukum Hooke

References


Amrizal, V. & Aini, Q. 2013. Kecerdasan Buatan. Bogor: Halaman Moeka Publishing.

Baker, E., Trygg, B., Otto, O., Tudor, M., Ferguson, L. 2011. Project - based Learning Model, Relevant Learning for the 21st Century. Pacific Education Institute.

H, Kauffman dan Meyer B. 2009. Themes Sci. Technol. Educ. Special Issue 117

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Millealab. 2019. Millealab Proposal dan Preorder 2019. Dikutip dari https://millealab.com/assets/images//material/MillealabProposal&Preorder2019.pdf

R, Susilana, dan Riyana C. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penelitian. Bandung: CV Wacana Prima.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarya: Pedagogia.

Sunarni, Theresia, Dominikus dan Budiarto. (2014). Persepsi Efektivitas Pengajaran Bermedia Virtual Reality (VR). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan. ISSN: 979-26-0276-3. 179-184.

Winarni, Juniaty., Siti Zubaidah, dan Supriyono Koes H. 2016. Stem: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jurnal. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v10i1.19347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats