Visualisasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Virtual Reality Pada Materi Ajar Hukum Hooke di Kelas XI-MIPA MAN 2 Aceh Barat
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v10i1.19347Keywords:
Visualisasi Pembelajaran, Virtual Reality, Hukum HookeAbstract
Pembelajaran virtual dikenal sebagai terobosan terbaru untuk pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman. Teknologi virtual yang biasanya kita temui pada dunia hiburan, tampaknya bisa diadaptasi selama proses pembelajaran terutama materi ajar Fisika. Rancangan penelitian ini dengan tujuan untuk mengembangkan pembelajaran Fisika menggunakan Virtual Reality (VR). VR adalah teknologi berbasis komputer dengan menyajikan gambaran dunia nyata pada dunia imajinasi berbentuk tiga dimensi (3D) dengan audio pada waktu bersamaan. Pemilihan materi ajar Hukum Hooke dianggap sangat dekat dengan keseharian peserta didik. Penggunaan VR selama proses pembelajaran Hukum Hooke bisa mengubah persepsi peserta didik terhadap pembelajaran kaku yang selama ini diterima. Dengan bantuan teknologi terbarukan, VR bisa menyulap pembelajaran dari yang biasa saja menjadi luar biasa berkat bantuan 3D. Pengemasan materi yang seolah-olah nyata menjadi hal baru bagi anak-anak yang selama ini cuma mengandalkan VR sebagai sarana hiburan semata. Research and Development adalah metode yang digunakan selama melakukan penelitian ini. Pengembangan VR selama proses pembelajaran meliputi analisis dan masalah, pengumpulan informasi, dan desain produk. Penelitian ini membawa perubahan yang signifikan terhadap proses pembelajaran menggunakan VR pada materi ajar Hukum Hooke di Kelas XI-MIPA MAN 2 Aceh Barat.
References
Amrizal, V. & Aini, Q. 2013. Kecerdasan Buatan. Bogor: Halaman Moeka Publishing.
Baker, E., Trygg, B., Otto, O., Tudor, M., Ferguson, L. 2011. Project - based Learning Model, Relevant Learning for the 21st Century. Pacific Education Institute.
H, Kauffman dan Meyer B. 2009. Themes Sci. Technol. Educ. Special Issue 117
Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Millealab. 2019. Millealab Proposal dan Preorder 2019. Dikutip dari https://millealab.com/assets/images//material/MillealabProposal&Preorder2019.pdf
R, Susilana, dan Riyana C. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penelitian. Bandung: CV Wacana Prima.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarya: Pedagogia.
Sunarni, Theresia, Dominikus dan Budiarto. (2014). Persepsi Efektivitas Pengajaran Bermedia Virtual Reality (VR). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan. ISSN: 979-26-0276-3. 179-184.
Winarni, Juniaty., Siti Zubaidah, dan Supriyono Koes H. 2016. Stem: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jurnal. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).