Desain Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Tingkat SMA/MA pada Pokok Bahasan Induksi Elektromagnetik
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v10i1.20268Keywords:
Media Pembelajaran, Audio Visual, Induksi ElektromagnetikAbstract
Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa selama ini bahan ajar yang di gunakan guru hanya buku paket. Sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang menarik. Oleh karena itu, media audio visual di kembangkan guna untuk mempermudah peserta didik dalam memahami dan mempelajari ulang materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengetahui tingkat kelayakan terhadap media pembelajaran audio visual pada materi induksi elektromagnetik yang di kembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli media dan 2 ahli materi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual berdasarkan kualitas media diperoleh hasil persentase 90% dengan kriteria kelayakan sangat layak, kelayakan berdasarkan ahli materi mendapat hasil persentase 80,8% dengan kriteria layak, dan memperoleh hasil keseluruhan 85,4% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual pada materi induksi elektromagnetik tingkat SMA/MA sangat layak di gunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).