Desain Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Tingkat SMA/MA pada Pokok Bahasan Induksi Elektromagnetik

Authors

  • Nur Rizka Ammalia UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Zahriah Zahriah Universitas Islam Negeri Islam Ar-Raniry
  • Ida Meutiawati Universitas Islam Negeri Islam Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v10i1.20268

Keywords:

Media Pembelajaran, Audio Visual, Induksi Elektromagnetik

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa selama ini bahan ajar yang di gunakan guru hanya buku paket. Sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang menarik. Oleh karena itu, media audio visual di kembangkan guna untuk mempermudah peserta didik dalam memahami dan mempelajari ulang materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengetahui tingkat kelayakan terhadap media pembelajaran audio visual pada materi induksi elektromagnetik yang di kembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli media dan 2 ahli materi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual berdasarkan kualitas media diperoleh hasil persentase 90% dengan kriteria kelayakan sangat layak, kelayakan berdasarkan ahli materi mendapat hasil persentase 80,8% dengan kriteria layak, dan memperoleh hasil keseluruhan 85,4% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual pada materi induksi elektromagnetik tingkat SMA/MA sangat layak di gunakan dalam kegiatan pembelajaran.


Downloads

Published

2024-01-23

Issue

Section

Artikel