Pengembangan Modul Interaktif Dengan Model TGT Untuk Pembelajaran IPA Materi Kemagnetan di SMP/MTs

popi riski nata, Sabaruddin Sabaruddin

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 8 Kota Banda Aceh, diperoleh data bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi kemagnetan dikarenakan proses pembelajarannya masih menggunakan buku paket. Penyampaian pembelajarannya juga masih bersifat monoton dan kurang bervariasi dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan media pembelajaran yang baru yang dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar seperti modul interaktif dengan model TGT untuk pembelajaran IPA materi kemagnetan di SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan kelayakan modul interaktif dengan model TGT untuk pembelajaran IPA materi kemagnetan di SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah Research and Development yang menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip yang memiliki tiga tahapan: (1) perencanaan (planning), (2) perancangan (desain), dan (3) pengembangan (development). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk dan angket respon peserta didik. Uji coba terbatas melibatkan 5 peserta didik kelas IX-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul interaktif dengan model TGT untuk pembelajaran IPA materi kemagnetan dari hasil uji kelayakan diperoleh rata-rata persentase keseluruhan sebesar 90,7% dengan kriteria sangat layak, dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul interaktif dengan model TGT untuk pembelajaran IPA materi kemagnetan sangat layak digunakan sebagai media pemebelajaran fisika di SMP/MTs.


Keywords


Modul Multimedia Interaktif, Teams Games Tournament, Kemagnetan

Full Text:

PDF

References


Annisa Anike Putri dan Ardi. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Edutech Undiksha. Vol. 8(1), 1-7.

Buchori, A., dan Setyawati, R. D. 2015. Development Learning Model of Charactereducation Through E-comic in Elementary School. International Journal of Education and research. Vol. 3(9), 369–386.

Hengki Nurhada. 2022. Masalah-Masalah Pendidikan Nasional; Faktor-Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam. Vol. 5(2), 127-137.

I Kadek Dwi Candra Ardana Yasa, Anak Agung Gede Agung, dan Alexander. 2021. Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha. Vol. 8(1), 104-112.

Joko Kuswanto. 2019. Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama. Vol. 15(2), 51-56.

Majid Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Meliawati Adi Permitasari, Hartono, dan Sugito. 2022. Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Pendidikan Kewirausahaan Pada Industri Rumahan Untuk SMALB Tunagrahita. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 6(9), 50-60.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung, Alfabeta.

Nurul Zulmi, Ni Wayan Sri Darmayanti, dan Zulkarmain. 2018. Pengembangan Rumfis (Rumus Fisika) Berbasis Program Matlab Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Labuapi Kelas VII Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika. Vol. 4(5), 8-20.

Nuryadi dan Nanang Khuzaini. 2017. Keefektifan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Games Tournament Ditinjau Dari Cognitive Load Theory. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2(1), 57-68.

Pawestri dan Devi Catur. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Ekonomi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Purwanto. 2018. Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reabilitas Untuk Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang, Staiapress.

Rafika Rahmawati. 2018. Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Strategi Mengaktifkan Kelas Dengan Mahasiswa Yang Mengalami Hambatan Komunikasi. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus). Vol. 14(2), 70-76.

Rico Christian Suru, Herdy Liow, dan Jemmy Kewas. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Sistem Kelas X SMK 5 Negeri Bitung. Jurnal Gearbox Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 2(1), 59-64.

Riduwan dan Kuncoro. 2011. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung, Alfabeta.

Rimay Handayani Z, Julia Maulina, dan Lisa Ariyanti Pohan. 2018. Pengembangan Modul Multimedia Berbasis TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peran Ilmu Kimia Dalam Kehidupan di MAN 4 Medan. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science. Vol. 2(2), 22-30.

Sabaruddin dan Lula Nadia. 2019. Pengembangan Modul Fisika Pada Materi Tekanan di MTsN. Jurnal Phi. Vol. 2019(2).

Sarliyadi, Sabaruddin, dan Samsun Bahri. 2018. Penerapan Model TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemuaian. Jurnal Phi. Vol. 2018(1), 27-32.

Suryani, N. 2016. Utilization of Digital Media to Improve The Quality and Attractiveness of The Teaching of History. Proceeding The 2nd International Conference on Teacher Training and Education Sebelas Maret University. Vol. 2(1), 131–144.

Tri Wahyuni, Sri Wahyuni, dan Yushardi. 2017. Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Berbasis E-Learning Pada Pokok Bahasan Besaran dan Satuan di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 6(4), 404-410.

Unik Hanifah Salsabila dan Niar Agustian. 2021. Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol. 3(1), 123-133.

Yayah Huliatunnisa. 2022. Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Bandung, Jejak Publisher

Zulfa Setiawan, Hari Anna Lastya, dan Sadrina. 2021. Penerapan TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Sigli. Jurnal Edukasi Elektro. Vol. 5(2), 131-137.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v10i1.20642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats