Analisis Kebutuhan Penerapan Model PBLA Berbantuan PhET Simulation untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Gerak Parabola

Indrawati Wilujeng, Hari Anggit Cahyo Wibowo, Mphammad Alif Aulia Akbar

Abstract


Kurikulum merdeka menekankan perlunya keterampilan berpikir kritis bagi peserta didik. Melalui pembelajaran fisika, keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan. Salah satu materi pembelajaran fisika yang diniali abstrak sehingga memerlukan adanya media pembelajaran yaitu gerak parabola. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan penerapan model problem based learning with argumentation (PBLA) berbantuan PhET Simulation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi gerak parabola. Subjek penelitian yang dilibatkan yaitu peserta didik kelas XI MIPA salah satu sekolah swasta di Surabaya. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik masih perlu ditingkatkan dengan skor terendah 47,65 dari skala 100. Sementara nilai rata-rata ujian materi gerak oarabola hanya mencapai 45,60 dalam 100. erdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan penerapan model PBLA berbantuan PhET Simulation untuk diketahui pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak parabola.

Keywords


model PBLA, PhET Simulation, keterampilan berpikir kritis, gerak parabola

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769-776.

Akhdinirwanto, R. W., Agustini, R., & Jatmiko, B. (2020). Problem-based learning with argumentation as a hypothetical model to increase the critical thinking skills for junior high school students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 340-350.

Ali, A. (2019). Penggunaan Media PhET Simulaition Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Padang Tiji (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 1(1), 1-23.

Abcd, EF., Ghijk, LM., ... ,Nopqr, ST. XYZU. Short tilte… Vol X (n), XYZU ....... @gmail.com 4

Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan. Vol X (Y), ABCD; ISSN: 2549-7162 Hal. n-m

Faizatud, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Explosion Box Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Fitriah, L., Mahtari, S., Ilahi, A. W., Arif, M. A., Iqbal, M., Sari, R. W., & Septiana, S. (2023). Pelatihan Inovasi Pembelajaran tentang Model Pembelajaran dan Simulasi PhET bagi Guru-Guru MAN 3 Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1-13.

Maulidah, S. S., & Prima, E. C. (2018). Using Physics Education Technology as Virtual Laboratory in Learning Waves and Sounds. Journal of Science Learning, 1(3), 116-121.

Ontowijoyo, A. S., Nurhayati, S., Wardani, S., & Haryani, S. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan Flipped Classroom Pada Materi Hidrolisis. Chemistry in Education, 11(2), 151-157.

Roviati, E., & Widodo, A. (2019). Kontribusi argumentasi ilmiah dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 56-66.

Tarisalia, F. S., Irawan, I. D. A., & Fis, T. N. (2020). Studi pustaka miskonsepsi siswa dalam konsep gerak lurus, gerak parabola, dan gerak melingkar. Jurnal Kependidikan Betara, 1(4), 208-217.

Utami, O. Y. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik pada Pelajaran IPA SMP. Intelektium, 3(2), 338-348.

Widodo, S. (2016). Pengembangan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) melalui isu-isu sosial ekonomi pasca penggenangan Waduk Jatigede dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang kelas VIII C. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(2), 275-288.

Wisudawati, A. & Anggaryani, M. (2014). Penerapan pembelajaran fisika berdasarkan strategi Brain Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas kelas XI di SMA Negeri 1 Wonodayu Sidoarjo.Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika,3(2), 1-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v10i1.20649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats