Analisis Kebutuhan Penerapan Model PBLA Berbantuan PhET Simulation untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Gerak Parabola
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v10i1.20649Keywords:
model PBLA, PhET Simulation, keterampilan berpikir kritis, gerak parabolaAbstract
Kurikulum merdeka menekankan perlunya keterampilan berpikir kritis bagi peserta didik. Melalui pembelajaran fisika, keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan. Salah satu materi pembelajaran fisika yang diniali abstrak sehingga memerlukan adanya media pembelajaran yaitu gerak parabola. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan penerapan model problem based learning with argumentation (PBLA) berbantuan PhET Simulation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi gerak parabola. Subjek penelitian yang dilibatkan yaitu peserta didik kelas XI MIPA salah satu sekolah swasta di Surabaya. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik masih perlu ditingkatkan dengan skor terendah 47,65 dari skala 100. Sementara nilai rata-rata ujian materi gerak oarabola hanya mencapai 45,60 dalam 100. erdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan penerapan model PBLA berbantuan PhET Simulation untuk diketahui pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gerak parabola.References
Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769-776.
Akhdinirwanto, R. W., Agustini, R., & Jatmiko, B. (2020). Problem-based learning with argumentation as a hypothetical model to increase the critical thinking skills for junior high school students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 340-350.
Ali, A. (2019). Penggunaan Media PhET Simulaition Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Padang Tiji (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 1(1), 1-23.
Abcd, EF., Ghijk, LM., ... ,Nopqr, ST. XYZU. Short tilte… Vol X (n), XYZU ....... @gmail.com 4
Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan. Vol X (Y), ABCD; ISSN: 2549-7162 Hal. n-m
Faizatud, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Explosion Box Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).
Fitriah, L., Mahtari, S., Ilahi, A. W., Arif, M. A., Iqbal, M., Sari, R. W., & Septiana, S. (2023). Pelatihan Inovasi Pembelajaran tentang Model Pembelajaran dan Simulasi PhET bagi Guru-Guru MAN 3 Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1-13.
Maulidah, S. S., & Prima, E. C. (2018). Using Physics Education Technology as Virtual Laboratory in Learning Waves and Sounds. Journal of Science Learning, 1(3), 116-121.
Ontowijoyo, A. S., Nurhayati, S., Wardani, S., & Haryani, S. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan Flipped Classroom Pada Materi Hidrolisis. Chemistry in Education, 11(2), 151-157.
Roviati, E., & Widodo, A. (2019). Kontribusi argumentasi ilmiah dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 56-66.
Tarisalia, F. S., Irawan, I. D. A., & Fis, T. N. (2020). Studi pustaka miskonsepsi siswa dalam konsep gerak lurus, gerak parabola, dan gerak melingkar. Jurnal Kependidikan Betara, 1(4), 208-217.
Utami, O. Y. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik pada Pelajaran IPA SMP. Intelektium, 3(2), 338-348.
Widodo, S. (2016). Pengembangan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) melalui isu-isu sosial ekonomi pasca penggenangan Waduk Jatigede dalam pembelajaran IPS di SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang kelas VIII C. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(2), 275-288.
Wisudawati, A. & Anggaryani, M. (2014). Penerapan pembelajaran fisika berdasarkan strategi Brain Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas kelas XI di SMA Negeri 1 Wonodayu Sidoarjo.Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika,3(2), 1-5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).