PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KALOR DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v5i1.6477Keywords:
LKPD, Discovery Learning, ADDIE.Abstract
Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Bandar Baru, bahwa LKPD yang digunakan selama ini isinya masih belum dirancang untuk peserta didik menemukan dan menerapkan idenya sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning pada materi kalor di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadopsi pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation) dengan modifikasi, tanpa tahapan implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan pengembangan LKPD berbasis discovery learning yang dinilai oleh ahli media berada pada kategori layak (0,80 ± 0,05) dan ahli substansi materi juga berada dalam kategori layak (0,81± 0,07), serta respon peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning berada dalam kategori sangat menarik (0,82 ± 0,07). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMP.
References
Anggraini, R., Sri, W. dan Djoko A.L., 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4(4).
Annafi, N., Ashadi dan Mulyani, S., 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri. ISSN: 2252-7893. Vol 4(3).
Cintia, N.I., Firosalia, K. dan Anugraheni, I., 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol.32(1).
Damayanti, D.S., Nur, N. dan Setyadi, E.K. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013, Radiasi, Vol. 3(1).
Latifah, S., Eka, S. dan Basith, A., 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 05 (1). p-ISSN: 2303-1832. e-ISSN: 2503-023X.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rosalina, A.M., 2017. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) pada Pokok Bahasan Bioteknologi Kelas XII SMA (Sekolah Menengah Atas). “Skripsi”. Jember: Universitas Jember.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Susanti, K.D., Subiki dan Yushardi. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Disertai Komik Fisika pada Pembelajaran Pokok Bahasan Tekanan di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 5(3).
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).