PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KALOR DI SMP

Desi Ariani, Ida Meutiawati

Abstract


Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Bandar Baru, bahwa LKPD yang digunakan selama ini isinya masih belum dirancang untuk peserta didik menemukan dan menerapkan idenya sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning pada materi kalor di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadopsi pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation) dengan modifikasi, tanpa tahapan implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan pengembangan LKPD berbasis discovery learning yang dinilai oleh ahli media berada pada kategori layak (0,80 ± 0,05) dan ahli substansi materi juga berada dalam kategori layak (0,81± 0,07), serta respon peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning berada dalam kategori sangat menarik (0,82 ± 0,07). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMP.


Keywords


LKPD, Discovery Learning, ADDIE.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, R., Sri, W. dan Djoko A.L., 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4(4).

Annafi, N., Ashadi dan Mulyani, S., 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri. ISSN: 2252-7893. Vol 4(3).

Cintia, N.I., Firosalia, K. dan Anugraheni, I., 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol.32(1).

Damayanti, D.S., Nur, N. dan Setyadi, E.K. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013, Radiasi, Vol. 3(1).

Latifah, S., Eka, S. dan Basith, A., 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 05 (1). p-ISSN: 2303-1832. e-ISSN: 2503-023X.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rosalina, A.M., 2017. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) pada Pokok Bahasan Bioteknologi Kelas XII SMA (Sekolah Menengah Atas). “Skripsi”. Jember: Universitas Jember.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Susanti, K.D., Subiki dan Yushardi. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Disertai Komik Fisika pada Pembelajaran Pokok Bahasan Tekanan di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 5(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnalphi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats