PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v5i1.6531Keywords:
Bahan ajar, STEM, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dan untuk menguji kelayakan produk bahan ajar berbasis STEM menurut penilaian para ahli. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang mana pada penelitian ini tidak menggunakan tahap implementasi. Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, dan evaluasi produk. Instrumen penelitian berupa skala angket dengan empat kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk pengembangan bahan ajar fisika berbasis STEM dengan pengembangan pada aspek materi berupa kesesuaian materi, penyajian materi, bahasa dan keterbacaan materi pada bahan ajar yang telah dikembangkan, (2) kelayakan bahan ajar fisika STEM yang dinilai oleh para ahli media termasuk dalam kriteria layak (78%) dan ahli substansi materi juga termasuk dalam kriteria layak (78%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis STEM dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMA/MA.
References
Bashooir, K. dan Supahar., 2018. Validitas dan Reabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 22(2).
Djamarah dan Zain., 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Koesnandar., 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom.
Lestari, D.A.B., Budi, A. dan Darsono, T., 2018. Implementasi LKS dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan teknologi, Volume 4(2).
Mawardi., M, Duskri., Setianingsih, Y., Ninoersy, T., Umar, M.. dan Mashuri., 2013. Pembelajaran Mikro. Banda Aceh: Al-Mumtaz Institute dan Instructional Development Center (IDC) LPTK, Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry.
Pangesti, K.I., Dwi, Y. dan Sugianto., 2017. Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Phisics Education Journal, 6(3).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Permendikbud No. 69 Tahun 2013 tentang Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMA-MA.
Sugianto, S.D., Mochammad, A., Puspita, W.H. dan Wulandari, A.Y.R., 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM pada Materi Tekanan. Journal of Natural Science Education Reseach, Volume. 1(1).
Sugiyono., 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Torlakson., 2014. Innovate: A Blueprint fot Science, technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. California: State Superintendent of Public Instruction.
Widoyoko, E.P., 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).