PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI SMA/MA

Cut Awwali Rahmatina, Misbahul Jannah, Fera Annisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dan untuk menguji kelayakan produk bahan ajar berbasis STEM menurut penilaian para ahli. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang mana pada penelitian ini tidak menggunakan tahap implementasi. Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, dan evaluasi produk. Instrumen penelitian berupa skala angket dengan empat kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk pengembangan bahan ajar fisika berbasis STEM dengan pengembangan pada aspek materi berupa kesesuaian materi, penyajian materi, bahasa dan keterbacaan materi pada bahan ajar yang telah dikembangkan, (2) kelayakan bahan ajar fisika STEM yang dinilai oleh para ahli media termasuk dalam kriteria layak (78%) dan ahli substansi materi juga termasuk dalam kriteria layak (78%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis STEM dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMA/MA.


Keywords


Bahan ajar, STEM, ADDIE

References


Bashooir, K. dan Supahar., 2018. Validitas dan Reabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 22(2).

Djamarah dan Zain., 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Koesnandar., 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom.

Lestari, D.A.B., Budi, A. dan Darsono, T., 2018. Implementasi LKS dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan teknologi, Volume 4(2).

Mawardi., M, Duskri., Setianingsih, Y., Ninoersy, T., Umar, M.. dan Mashuri., 2013. Pembelajaran Mikro. Banda Aceh: Al-Mumtaz Institute dan Instructional Development Center (IDC) LPTK, Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry.

Pangesti, K.I., Dwi, Y. dan Sugianto., 2017. Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Phisics Education Journal, 6(3).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendikbud No. 69 Tahun 2013 tentang Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMA-MA.

Sugianto, S.D., Mochammad, A., Puspita, W.H. dan Wulandari, A.Y.R., 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM pada Materi Tekanan. Journal of Natural Science Education Reseach, Volume. 1(1).

Sugiyono., 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Torlakson., 2014. Innovate: A Blueprint fot Science, technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. California: State Superintendent of Public Instruction.

Widoyoko, E.P., 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats