HUBUNGAN PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI PADA SMAN 1 DARUL IMARAH

Muhammad Zuhemi, Fera Annisa, Soewarno Soewarno

Abstract


Idealnya jika seorang siswa memiliki persepsi yang baik terhadap keterampilan mengajar gurunya maka hasil belajar siswa tersebut juga akan baik. Namun kenyataannya hasil belajar Fisika siswa masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar Fisika siswa kelas  XI IPA  SMAN  1  Darul Imarah.  Hubungan antar variabel tersebut dibuktikan dengan menggunakan metode statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Darul Imarah tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dengan 30 siswa , kelas XI IPA 2 dengan 30 siswa, kelas XI IPA 3 dengan 20 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yaitu sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dihasilkan adalah sebesar 0,007 < 0,05 pada nilai Pearson Correlation yang dilakukan melalui analisis korelasi.

Keywords


Persepsi Siswa, Keterampilan Mengajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.

Hasibuan, M., 2009. Peran Guru dalam Interaksi Belajar Mengajar, Bandung : Bintang Karya Mandiri.

Siahan, 2005. Proses Belajar Mengajar. Semarang: IKIP Pres.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.

Sudarwan, D., 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. Alfabeta.

Sudjana, N., 2005. Penilaian Hasil Proses Bela}ar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdikarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata dan Syaodih, N., 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, U., 2010. Perspektif Guru dalam Kemampuan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Walgito, B., 1994. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats