HUBUNGAN PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI PADA SMAN 1 DARUL IMARAH
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v5i1.6535Keywords:
Persepsi Siswa, Keterampilan Mengajar, Hasil BelajarAbstract
Idealnya jika seorang siswa memiliki persepsi yang baik terhadap keterampilan mengajar gurunya maka hasil belajar siswa tersebut juga akan baik. Namun kenyataannya hasil belajar Fisika siswa masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar Fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Darul Imarah. Hubungan antar variabel tersebut dibuktikan dengan menggunakan metode statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Darul Imarah tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dengan 30 siswa , kelas XI IPA 2 dengan 30 siswa, kelas XI IPA 3 dengan 20 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yaitu sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dihasilkan adalah sebesar 0,007 < 0,05 pada nilai Pearson Correlation yang dilakukan melalui analisis korelasi.References
Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.
Hasibuan, M., 2009. Peran Guru dalam Interaksi Belajar Mengajar, Bandung : Bintang Karya Mandiri.
Siahan, 2005. Proses Belajar Mengajar. Semarang: IKIP Pres.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.
Sudarwan, D., 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. Alfabeta.
Sudjana, N., 2005. Penilaian Hasil Proses Bela}ar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdikarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata dan Syaodih, N., 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, U., 2010. Perspektif Guru dalam Kemampuan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Walgito, B., 1994. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi offset.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).