Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Komputer pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis di MAS Darul Ihsan
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v4i1.7435Keywords:
Media pembelajaran, animasi komputer, listrik dinamisAbstract
Listrik dinamis merupakan salah satu materi fisika yang kurang diminati oleh siswa. Keberadaan laboratorium disebagian sekolah tidak lengkap atau kurang terampil dalam memanfaatkan alat peraga sering dijumpai menjadi masalah utama pembelajaran fisika dibenci siswa. Sehingga guru cenderung mengajar dengan pengetahuannya tanpa memodifikasi pembelajaran dengan menggunakan media. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis animasi komputer pada pokok bahasan listik dinamis di MAS Darul Ihsan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang layak digunakan guru dalam menjalankan proses belajar mengajar lebih menarik. Berdasarkan lembar validasi akhir didapatkan persentase rata-rata 94% dan tergolong dalam katagori sangat layak. Sedangkan untuk melihat respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut dilakukan uji coba produk terhadap siswa dan mendapatkan respon sangat positif dengan persentase rata-rata sebesar 92,39% dan tergolong dalam kriteria sangat tertarik. Dengan demikian program yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran fisika pokok bahasan listrik dinamis untuk siswa SMA kelas XReferences
Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bungin,B. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial
Lainnya, Jakarta: Kencana.
Bakri,H. 2013. Langkah-langkah Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Medtek (Online),
diakses melalui situs:http://ftunm.net/medtek/Jurnal_Medtek_Vol.2_No.1_April_2010/hasrulbakri. Vol 2
(1).
Dimyanti dan Mudjiono, 2002. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik,O. 2010. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Komputer, B. 2008.50 Kreasi Efek dan Animasi Teks dengan Flash CS3, Jakarta:Elex Media Komputindo.
Setiabudi, Wahyu N, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Mata Pelajaran
Fisika Bahasan Kinematika Gerak Lurus, Skripsi, Semarang: Unnes, (Online), diakses melalui situs:
http://luluvikar.files.wordpress.com/2011/10/skripsi-pengembangan-media-pembelajaran-multimedia
matematika.pdf.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Uno B, H, Lamatenggo, N. 2010. Teknologi Komunikasi dan Informatika Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara,
Vaughan, T. 2006. Multimedia: Making It Work, diterjemahkan oleh: Theresia Arie Prabawati & Agnes Heni
Triyuliana, Jakarta: ANDI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).