Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Gerak Lurus Di MAN Darussalam Aceh Besar
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v4i1.7436Keywords:
Sikap Ilmiah, Inkuiri, Gerak Lurus.Abstract
Fisika itu sendiri yakni berlangsungnya pembelajaran yang didasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah baik sikap ilmiah, proses ilmiah maupun produk ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada materi gerak lurus. (2) Untuk mengetahui bagaimana aktifitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model Inkuiri. (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model inkuiri dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MAN Darussalam berjumlah 29 siswa. Sampel untuk sikap ilmiah berjumlah 10 siswa terdiri dari satu kelas yaitu kelas X IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen pretest-postest design dengan tiga pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi dan angket. Data analisis menggunakan persentase. Setelah dilakukan tindakan dan analisis data diperoleh hasil sikap ilmiah bahwa pertemuan pertama dengan persentase 69%, pada pertemuan kedua dengan persentase 77% dan pada pertemuan ketiga dengan persentase 86%. Sedangkan aktivitas guru juga terjadinya peningkatan, pada pertemuan pertama dengan persentase 77%, pertemuan kedua dengan persentase 84% dan pada pertemuan ketiga dengan persentase 93%. Aktivitas siswa juga terjadi peningkatan, pada pertemuan pertama dengan persentase 73%, pertemuan kedua dengan persentase 84% dan pada pertemuan ketiga dengan persentase 90%.References
Al-Tabany Ibnu Badar, T. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual, Jakarta:
Prenadamedia Grup
Arikunto,S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ali,M dan Asrori,M. 2014. Medetologi & Aplikasi RISET PENDIDIKAN. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arifin,Z. 2003. Dasar-Dasar Penulisan Karangan Ilmiah, Jakarta: PT Grasindo.
Abdullah,M. 2007. Fisika I SMA Kelas X. Bandung: Erlangga
Badan Standar Nasional. 2001. Pentunjuk Teknis Pengembangan Silanus Fisika, (online), diakses melalui situs:
http : // www scribed.com/doc/22587752/ petunjuk-teknis-pengembangan-silabus-fisika.
E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Cet II,
Bandung:Remaja Rosdakarya.
Gulo,W. 2002. strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Grasindo
Jasin,M. 2013. Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Rajawali Pers
Kamajaya dan Djaliman, 2001. Paduan Menguasai Fisika I. Bandung: Gancca
Kanginan, M. 2007. Fiska Untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
Marjono, M, 1996. Penilaian Sikap Ilmiah. Bandung: Tarsito
Mamang Etta,S, Sopiah, 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian, Yogyakarta: C.V ANDI
OFFSET
Noor,J. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana
Ngalim Purwanto, 2002. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung:Rosdakarya
Surya,E. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa, Banda Aceh: Pascasarjana Universitas Syah Kuala.
Rusman, 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slamento, 1991. Proses Belajar Dalam Kredit Semester, Jakarta: Bumi Aksara.
Sudijono, A, 2008. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Siregar,S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Animasi Terhadap Pemahaman
Konsep, Sikap Ilmiah dan Asesmen Kinerja Siswa Pada Konsep Sintesis Protein Di SMA N 9 Banda
Aceh,Tesis. Banda Aceh: Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala
Sudijono,A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Taufik M, A. 1994. inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Pernada Media Group
TIM Pengembang MKDP, 2013. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno ,Hamzah,B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif,
Jakarta: PT Bumi Aksara,
Purwanto, B. 2007. Fisika Dasar 1. Jakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Pujianto Dkk, 2013. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Klaten:PT Intan Pariwara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).