Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Gerak Lurus Di MAN Darussalam Aceh Besar

Authors

  • Febry Mayangsari Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Maimunah Maimunah Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Fitriyawany Fitriyawany Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v4i1.7436

Keywords:

Sikap Ilmiah, Inkuiri, Gerak Lurus.

Abstract

Fisika itu sendiri yakni berlangsungnya pembelajaran yang didasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah baik sikap ilmiah, proses ilmiah maupun produk ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada materi gerak lurus. (2) Untuk mengetahui bagaimana aktifitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model Inkuiri. (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model inkuiri dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MAN Darussalam berjumlah 29 siswa. Sampel untuk sikap ilmiah berjumlah 10 siswa terdiri dari satu kelas yaitu kelas X IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen pretest-postest design dengan tiga pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi dan angket. Data analisis menggunakan persentase. Setelah dilakukan tindakan dan analisis data diperoleh hasil sikap ilmiah bahwa pertemuan pertama dengan persentase 69%, pada pertemuan kedua dengan persentase 77% dan pada pertemuan ketiga dengan persentase 86%. Sedangkan aktivitas guru juga terjadinya peningkatan, pada pertemuan pertama dengan persentase 77%, pertemuan kedua dengan persentase 84% dan pada pertemuan ketiga dengan persentase 93%. Aktivitas siswa juga terjadi peningkatan, pada pertemuan pertama dengan persentase 73%, pertemuan kedua dengan persentase 84% dan pada pertemuan ketiga dengan persentase 90%.

References

Al-Tabany Ibnu Badar, T. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual, Jakarta:

Prenadamedia Grup

Arikunto,S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ali,M dan Asrori,M. 2014. Medetologi & Aplikasi RISET PENDIDIKAN. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arifin,Z. 2003. Dasar-Dasar Penulisan Karangan Ilmiah, Jakarta: PT Grasindo.

Abdullah,M. 2007. Fisika I SMA Kelas X. Bandung: Erlangga

Badan Standar Nasional. 2001. Pentunjuk Teknis Pengembangan Silanus Fisika, (online), diakses melalui situs:

http : // www scribed.com/doc/22587752/ petunjuk-teknis-pengembangan-silabus-fisika.

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Cet II,

Bandung:Remaja Rosdakarya.

Gulo,W. 2002. strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Grasindo

Jasin,M. 2013. Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Rajawali Pers

Kamajaya dan Djaliman, 2001. Paduan Menguasai Fisika I. Bandung: Gancca

Kanginan, M. 2007. Fiska Untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga

Marjono, M, 1996. Penilaian Sikap Ilmiah. Bandung: Tarsito

Mamang Etta,S, Sopiah, 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian, Yogyakarta: C.V ANDI

OFFSET

Noor,J. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana

Ngalim Purwanto, 2002. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung:Rosdakarya

Surya,E. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa, Banda Aceh: Pascasarjana Universitas Syah Kuala.

Rusman, 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slamento, 1991. Proses Belajar Dalam Kredit Semester, Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono, A, 2008. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siregar,S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Animasi Terhadap Pemahaman

Konsep, Sikap Ilmiah dan Asesmen Kinerja Siswa Pada Konsep Sintesis Protein Di SMA N 9 Banda

Aceh,Tesis. Banda Aceh: Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala

Sudijono,A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Taufik M, A. 1994. inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Pernada Media Group

TIM Pengembang MKDP, 2013. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno ,Hamzah,B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif,

Jakarta: PT Bumi Aksara,

Purwanto, B. 2007. Fisika Dasar 1. Jakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Pujianto Dkk, 2013. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Klaten:PT Intan Pariwara.

Published

2020-07-16

Issue

Section

Artikel