Eksperimen Menghitung Momen Inersia dalam Pesawat Atwood Menggunakan Katrol dengan Penambahan Massa Beban
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v4i2.7442Keywords:
Pesawat Atwood, GLB, GLBB, Momen Inersia.Abstract
Pesawat Atwood adalah alat eksperimental yang sering digunakan untuk mengamati hukum-hukum mekanik tentang gerak akselerasi secara teratur. Dalam percobaan bidang atwood terdapat gerakan lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Gerak lurus beraturan (GLB) merupakan gerakan garis lurus dengan kecepatan tetap, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu. Sedangkan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerakan lurus ke arah horizontal dengan kecepatan yang berubah setiap saat karena akselerasi yang tetap. Tidak hanya gerakan garis lurus dan gerakan lurus berubah secara teratur, tetapi prinsip kerja katrol juga diterapkan. Momen inersia sebuah katrol adalah ukuran dari inersia sebuah katrol untuk memutar atau mengubah keadaan rotasinya ketika ada momen kekuatan yang dihasilkan bekerja padanya. Momen inersia katrol ini dapat ditentukan dengan menggunakan pendekatan konseptual atau melalui eksperimen dan pendekatan matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apabila beban tambahan yang diberikan semakin besar maka momen inersia yang dihasilkan besar, begitu juga sebaliknya.References
Giancoli, Douglas C. 2001. . Jakarta: Erlangga.
Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. 2010. Jakarta: Erlangga.
Kanginan, Marten. 2006. . Jakarta: Erlangga.
Nurjanah, Jalilah Rahmastuti, dkk. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada
Materi Pokok Dinamika Rotasi untuk SMA Kelas XI”. . Vol. 4.
No. 1.
Tipler, Paul A. 1998. . Jakarta: Erlangga.
Trianto. 2011. . Jakarta: Bumi Aksara.
Umar, Efrizon. 2007. Jakarta: Ganeca.
Yusuf, Kholid. 2015. “Penentuan Koefisien Momen Inersia dengan Video Analisis”. . Vol. 6. No.1.
Downloads
Published
2020-07-16
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).