Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kalor Menggunakan Teori Polya di SMA Negeri 3 Banda Aceh

Authors

  • Dinda Yulia Darsa Pendidikan Fisika UINAR
  • Muhammad Nasir
  • Rusydi Rusydi Pendidikan Fisika UINAR

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v4i2.7443

Keywords:

Kesulitan Peserta Didik, Teori Polya, Kalor

Abstract

Pada umumnya peserta didik masih mengalami banyak kendala dalam menyelesaikan soal-soal fisika, khususnya pada materi Kalor.Dalam hal ini perlu adanya teori pemecahan masalah,salah satunya berbasis teori Polya yang menerapkan langkah-langkah penyelesaian soal secara sistematis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan apa saja yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal kalor menggunakan teori Polya di SMANegeri3Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifkualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang peserta didik kelas XI SMA Negeri3Banda Aceh.Instrumen yang digunakan berupa tes soal berbentuk uraian. Data penelitian dianalisis menggunakan tahapan dari teori Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana dan meninjau kembali.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam tahap memahami masalah dan tahap merencanakan pemecahan masalah.Pada tahap melaksanakan rencana dan meninjau kembali, beberapapeserta didik mengalami kesulitan yaitu menentukan satuan dari besaran yang ditanya, melakukan operasi matematika, serta tidak melakukan tinjauan kembali.

References

Darsikin, dkk. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Gerak Lurus.

Vol.4, No.2017.

Dewa Ketut Sukardi Jakarta : Rineka Cipta.

E. Mulyasa. 2005. Bandung : Remaja

Rosdakrya.

Gumilang dkk, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya

Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP N 1Bringin.

, vol 1, 2016.

Hidayah. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakn Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Polya.

Physical Review Physics Education Research. Vol 8, No. 1, 2012

Lailiatul Rohmah,dkk. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Berdasarkan Polya pada

pokok bahasan Fluida Statis di SMAN Jember. , Vol 7, No.4. 2018.

Marlina, Leni. Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang.

Vol 1 No.1, 2013.

Mastur Faizi. 2013. . Yogjakarta : Diva Press.

Mulyadi. 2010. . Yogjakarta : Nuha Litera.

Sugiyono. 2005. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, E., Rusdiana, D., dan Kaniawati, I., 2017.

.Prosiding SNIPS 2017. ISBN:978-602-61045-2-6

Zahriah, dkk. Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil

Belajar pada Materi Vektor di SMAN 1 Darul Imarah. Vol.04, No.02,

hlm.151-161, 2016.

Published

2020-07-16

Issue

Section

Artikel