Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kalor Menggunakan Teori Polya di SMA Negeri 3 Banda Aceh

Dinda Yulia Darsa, Muhammad Nasir, Rusydi Rusydi

Abstract


Pada umumnya peserta didik masih mengalami banyak kendala dalam menyelesaikan soal-soal fisika, khususnya pada materi Kalor.Dalam hal ini perlu adanya teori pemecahan masalah,salah satunya berbasis teori Polya yang menerapkan langkah-langkah penyelesaian soal secara sistematis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan apa saja yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal kalor menggunakan teori Polya di SMANegeri3Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifkualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang peserta didik kelas XI SMA Negeri3Banda Aceh.Instrumen yang digunakan berupa tes soal berbentuk uraian. Data penelitian dianalisis menggunakan tahapan dari teori Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana dan meninjau kembali.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam tahap memahami masalah dan tahap merencanakan pemecahan masalah.Pada tahap melaksanakan rencana dan meninjau kembali, beberapapeserta didik mengalami kesulitan yaitu menentukan satuan dari besaran yang ditanya, melakukan operasi matematika, serta tidak melakukan tinjauan kembali.

Keywords


Kesulitan Peserta Didik, Teori Polya, Kalor

References


Darsikin, dkk. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Gerak Lurus.

Vol.4, No.2017.

Dewa Ketut Sukardi Jakarta : Rineka Cipta.

E. Mulyasa. 2005. Bandung : Remaja

Rosdakrya.

Gumilang dkk, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya

Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP N 1Bringin.

, vol 1, 2016.

Hidayah. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakn Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Polya.

Physical Review Physics Education Research. Vol 8, No. 1, 2012

Lailiatul Rohmah,dkk. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Berdasarkan Polya pada

pokok bahasan Fluida Statis di SMAN Jember. , Vol 7, No.4. 2018.

Marlina, Leni. Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang.

Vol 1 No.1, 2013.

Mastur Faizi. 2013. . Yogjakarta : Diva Press.

Mulyadi. 2010. . Yogjakarta : Nuha Litera.

Sugiyono. 2005. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, E., Rusdiana, D., dan Kaniawati, I., 2017.

.Prosiding SNIPS 2017. ISBN:978-602-61045-2-6

Zahriah, dkk. Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil

Belajar pada Materi Vektor di SMAN 1 Darul Imarah. Vol.04, No.02,

hlm.151-161, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v2019i2.7443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats