Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kalor Menggunakan Teori Polya di SMA Negeri 3 Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v4i2.7443Keywords:
Kesulitan Peserta Didik, Teori Polya, KalorAbstract
Pada umumnya peserta didik masih mengalami banyak kendala dalam menyelesaikan soal-soal fisika, khususnya pada materi Kalor.Dalam hal ini perlu adanya teori pemecahan masalah,salah satunya berbasis teori Polya yang menerapkan langkah-langkah penyelesaian soal secara sistematis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan apa saja yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal kalor menggunakan teori Polya di SMANegeri3Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifkualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang peserta didik kelas XI SMA Negeri3Banda Aceh.Instrumen yang digunakan berupa tes soal berbentuk uraian. Data penelitian dianalisis menggunakan tahapan dari teori Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana dan meninjau kembali.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam tahap memahami masalah dan tahap merencanakan pemecahan masalah.Pada tahap melaksanakan rencana dan meninjau kembali, beberapapeserta didik mengalami kesulitan yaitu menentukan satuan dari besaran yang ditanya, melakukan operasi matematika, serta tidak melakukan tinjauan kembali.References
Darsikin, dkk. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Gerak Lurus.
Vol.4, No.2017.
Dewa Ketut Sukardi Jakarta : Rineka Cipta.
E. Mulyasa. 2005. Bandung : Remaja
Rosdakrya.
Gumilang dkk, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya
Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP N 1Bringin.
, vol 1, 2016.
Hidayah. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakn Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Polya.
Physical Review Physics Education Research. Vol 8, No. 1, 2012
Lailiatul Rohmah,dkk. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Berdasarkan Polya pada
pokok bahasan Fluida Statis di SMAN Jember. , Vol 7, No.4. 2018.
Marlina, Leni. Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang.
Vol 1 No.1, 2013.
Mastur Faizi. 2013. . Yogjakarta : Diva Press.
Mulyadi. 2010. . Yogjakarta : Nuha Litera.
Sugiyono. 2005. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, E., Rusdiana, D., dan Kaniawati, I., 2017.
.Prosiding SNIPS 2017. ISBN:978-602-61045-2-6
Zahriah, dkk. Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil
Belajar pada Materi Vektor di SMAN 1 Darul Imarah. Vol.04, No.02,
hlm.151-161, 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).