Penerapan Model TGT (Teams Game Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemuaian
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v4i1.7449Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament), Hasil Belajar, Materi PemuaianAbstract
Hasil belajar fisika siswa kelas X pada umumnya masih rendah, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi hal ini, maka diperlukan usaha yaitu menerapkan model pembelajaran yang dapat sesuai dengan kondisi dikelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada materi pemuaian di MAS Babun Najah Banda Aceh meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament)? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonrandomized Control group Pretest-Postest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli dan uji coba pada siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu ujinormalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif pada materi pemuaian dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 9,44 > 1,68 pada taraf signifikansi α = 0,05 yang berarti Ha diterima dengan nilai rata-rata sebesar 80,36. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi pemuaian kelas X MIA 4 semester genap tahun ajaran 2015/2016 di MAS Babun Najah Banda Aceh.References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atika Febrina Sianturi dan Rappel Situmorang. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT Berbantu Kartu
Soal Terhsdsp Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Bunyi Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Percut Sei
Tian T.P. 2012/2013. Jurnal INPAFI. Vol.1, No.2. Juni 2013.
Betty M. Turnip dan Iriana Fratiwi Turnip. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT disertai Joyfull
Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal INPAFI. Edisi 2. No.2. Mei 2004.
Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
David Halliday dan Robert Resnick.1985. Fisika Edisi ke 3 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Devi Nur Afifah dan Hermin Budiningarti. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Teknik Firing Line
terhadap Hasil Belajar siswa Pada Materi Bunyi Kelas VIII SMP Negeri 3 Madiun. Jurnal Inovasi Pendidikan
Fisika.Vol. 02. No. 02. Tahun 2013.
Dimyanti,dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Enika Yunika Putri. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Game Tournament) untuk
Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tlompakan
III Kecamatan Tuntang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. 2011.
Ganti Depari. Pembelajaran Kooperartif Teams Games Tournament dan Learning Cycle pada Mata Pelajaran
Elektronika. Digita. Invotec. Vol. VII. No. 2. Agustus 2011.
Hugh D. Young dan Roger A. Freedmann. 2002. Fisika Universitas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Husna, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning: Metode Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Mila Sariyanti dan Hermin Budiningarti. Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournament)
Disertai Tugas Terbuka (Open Ended) yang Diorientasika dengan Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Kelas X SMA N 15Surabaya Topik Fluida Statis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 04. No.
Mei 2015.
Reena Agarwal and Nandita Nagar. 2011. Cooperatif Learning.Delhi: Kalpaz Publication.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Prifesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, Robert E.2005. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik, London: Allymand Bacon.
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugioyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Syafaruddin dan Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 3 Pendidikan Disiplin Ilmu.
Jakarta: PT Grasindo.
Tripler, Paul A. 1998. Fisika: untuk Sains dan Teknik Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Tritanto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada
KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Winastawan Gora dan Sunarto. 2003. Pakematik Strategi Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Yessy Nur Endah Sari. 2015. Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).