Penggunaan Fasilitas Laboratorium dalam Pembelajaran Konsep Besaran dan Satuan di SMA Negeri I Ingin Jaya Aceh Besar
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i2.7450Abstract
Idealnya pembelajaran fisika dilaksanakan di laboratorium dengan menggunakan berbagai fasilitasnya. Pembelajaran fisika menuntut siswa lebih aktif dan diharapkan berdampak pada prestasi siswa. Pembelajaran seperti ini akan lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran di kelas dengan pendekatan konvensional (ceramah dan diskusi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan fasilitas laboratorium terhadap prestasi siswa di SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan pada kelas eksperimen (X1) dan kelas kontrol (X2). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes awal (pretest) dan test akhir (post-test) pada kedua kelas tersebut. Untuk melihat pengaruh perlakuan yang diberikan signifikan (a=95%) antara prestasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan fasilitas laboratorium dengan siswa yang diajarkan dengan metode biasaReferences
Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta: CV Budi Utama. Hasanah, 2013. Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada Pembelajaran Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol 5(1). Hal.8 Husamah, 2018. Belajar dan Pembelajaran, Malang: Universitas Ubudiyah. Maulana, 2018. Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang. Nugraheni D, dkk, 2013. Pengaruh Pembelajaran Berevisi dan Berpendekatan SETS terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas X SMAN 2 Sukoharjo Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol.2 No: 2 hal.36
Rusman, 2017. Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Triningsih T, 2011. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Alat Optik Kelas X Semester II SMAN I Semarang dengan Menerapkan Perangkat Pembelajaran Berevisi SETS, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 2, No. 1. Hal.4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).