Penggunaan Fasilitas Laboratorium dalam Pembelajaran Konsep Besaran dan Satuan di SMA Negeri I Ingin Jaya Aceh Besar

Fera Annisa

Abstract


Idealnya pembelajaran fisika dilaksanakan di laboratorium dengan menggunakan berbagai fasilitasnya. Pembelajaran fisika menuntut siswa lebih aktif dan diharapkan berdampak pada prestasi siswa. Pembelajaran seperti ini akan lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran di kelas dengan pendekatan konvensional (ceramah dan diskusi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan fasilitas laboratorium terhadap prestasi siswa di SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan pada kelas eksperimen (X1) dan kelas kontrol (X2). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes awal (pretest) dan test akhir (post-test) pada kedua kelas tersebut. Untuk melihat pengaruh perlakuan yang diberikan signifikan (a=95%) antara prestasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan fasilitas laboratorium dengan siswa yang diajarkan dengan metode biasa

References


Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta: CV Budi Utama. Hasanah, 2013. Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada Pembelajaran Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol 5(1). Hal.8 Husamah, 2018. Belajar dan Pembelajaran, Malang: Universitas Ubudiyah. Maulana, 2018. Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang. Nugraheni D, dkk, 2013. Pengaruh Pembelajaran Berevisi dan Berpendekatan SETS terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kelas X SMAN 2 Sukoharjo Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol.2 No: 2 hal.36

Rusman, 2017. Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Triningsih T, 2011. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Alat Optik Kelas X Semester II SMAN I Semarang dengan Menerapkan Perangkat Pembelajaran Berevisi SETS, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 2, No. 1. Hal.4




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v2018i2.7450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats