Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) pada Materi Kinematika Gerak Lurus di MAN 4 Aceh Besar
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i2.7457Keywords:
Identifikasi, Miskonsepsi, Certainty of Response Index, Tes DiagnostikAbstract
Miskonsepsi merupakan salah satu problem dalam pembelajaran fisika dan menyebabkan siswa sulit dalam memahami konsep fisika ,miskonsepsi terjadi hampir pada seluruh materi dalam pembelajaran fisika salah satu materi yang dianggap penting adalah kinematika gerak lurus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi kinematika gerak lurus di MAN 4 Aceh besar kelas XI tahun 2019/2020 yang berjumlah 95 siswa dan ditetapkan subjek sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes Diagnostik yang dilengkapi dengan CRI (Certainty Of Response Index). Pengolahan data menggunakan Statistik sederhana dalam bentuk perhitungan persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tingkat Tidak tahu Konsep (TTK) sebanyak 19,16%, Paham Konsep Kurang Yakin sebanyak 5,68%, Paham Konsep sebanyak 28,99%, dan Miskonsepsi sebanyak 46,17%. Tingginya persentase siswa yang mengalami miskonsepsi dan siswa yang kurang pengetahuan ini menunjukkan tingkat pemahaman konsep siswa pada materi Kinematika Gerak Lurus di MAN 4 Aceh Besar masih rendah. Diharapkan kepada guru agar dapat melakukan analisis konsepsi awal siswa agar miskonsepsi dapat diatasi.References
Hakim A dkk. 2012.
, International Online Journal of
Education Science 4(3). Paul Suparno. 2013. . Jakarta: Grasindo. Hasan Khoiri Dkk. 2017 . Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika,Vol 2. Widiawati,Ni Putu dkk,2015, . Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3 No 1. Yaspin Yolanda, 2017 ,“ , Science and Physics Education Journal,Vol 1 Nia Misna dkk,2015, Skrispi, LubukLinggau : STKIP-PGRI LubukLinggau . Republik Indonesia, , Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1.
Downloads
Published
2020-07-16
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).