PENERAPAN METODE JIGSAW II TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK DARUL IHSAN

Authors

  • Khairunnas Khairunnas Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Khairan AR Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Mira Maisura Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Malahayati Malahayati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/p-jpft.v6i1.8369

Keywords:

Keaktifan Belajar, Jaringan Dasar, Penelitian Tindakan Kelas, Jigsaw II

Abstract

Penelitian dimaksudkan untuk melihat pengingkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran jaringan dasar siswa kelas X-TKJ SMK Darul Ihsan Kabupaten Aceh Besar. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II. Sementara itu, teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus proses pembelajaran. Sampel penelitian penulis ambil dari 20 siswa kelas X-TKJ, dengan proses pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Setelah dilakukan analisa deskriptif terhadap hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw II dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa X-TKJ SMK Darul Ihsan, dengan persentase keaktifan sebesar 92.85%.

References

Rianto. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Nasional Berbah. Universitas Negeri Yokyakarta.

Rianto. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Nasional Berbah. Universitas Negeri Yokyakarta.

Susanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Kayuagung, Yokyakarta. Jurnal Pendidikan Tehnik Informatika, hlm. 1.

Direktorat pembinaan SMK. 2018. Buku Jaringan Dasar X-1. Kemendikbud.

Rianto. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Nasional Berbah. Universitas Negeri Yokyakarta.

Ernawati dan Jabbar. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Volum Pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Al Qamar Bajeng Kec. Pattallassang Kabupaten Takalar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Aguston, M. 2005. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Mashuri, Umar, J., Muliani, M. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Fauzul Kabir Kota Jantho. Vol. 6(2), 283–311.

Susanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Kayuagung, Yokyakarta. Jurnal Pendidikan Tehnik Informatika, hlm. 1 .

Wahyuningsih, R. 2015. Model Pembelajaran Komeks: Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karaktek Aspek Membaca Intensif Di SD. Yogyakarta. Deepublish.

Ernawati dan Jabbar. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Volum Pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Al Qamar Bajeng Kec. Pattallassang Kabupaten Takalar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Susanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Kayuagung, Yokyakarta. Jurnal Pendidikan Tehnik Informatika, hlm. 1.

Rianto. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Nasional Berbah. Universitas Negeri Yokyakarta.

Purwanto. 2009. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung, Rosdakarya.

Mashuri, Umar, J., Muliani, M. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Fauzul Kabir Kota Jantho. Vol. 6(2), 283–311.

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Artikel