PENERAPAN METODE JIGSAW II TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK DARUL IHSAN
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v6i1.8369Keywords:
Keaktifan Belajar, Jaringan Dasar, Penelitian Tindakan Kelas, Jigsaw IIAbstract
Penelitian dimaksudkan untuk melihat pengingkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran jaringan dasar siswa kelas X-TKJ SMK Darul Ihsan Kabupaten Aceh Besar. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II. Sementara itu, teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus proses pembelajaran. Sampel penelitian penulis ambil dari 20 siswa kelas X-TKJ, dengan proses pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Setelah dilakukan analisa deskriptif terhadap hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw II dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa X-TKJ SMK Darul Ihsan, dengan persentase keaktifan sebesar 92.85%.References
Rianto. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Nasional Berbah. Universitas Negeri Yokyakarta.
Rianto. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Nasional Berbah. Universitas Negeri Yokyakarta.
Susanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Kayuagung, Yokyakarta. Jurnal Pendidikan Tehnik Informatika, hlm. 1.
Direktorat pembinaan SMK. 2018. Buku Jaringan Dasar X-1. Kemendikbud.
Rianto. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Nasional Berbah. Universitas Negeri Yokyakarta.
Ernawati dan Jabbar. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Volum Pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Al Qamar Bajeng Kec. Pattallassang Kabupaten Takalar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Aguston, M. 2005. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Mashuri, Umar, J., Muliani, M. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Fauzul Kabir Kota Jantho. Vol. 6(2), 283–311.
Susanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Kayuagung, Yokyakarta. Jurnal Pendidikan Tehnik Informatika, hlm. 1 .
Wahyuningsih, R. 2015. Model Pembelajaran Komeks: Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karaktek Aspek Membaca Intensif Di SD. Yogyakarta. Deepublish.
Ernawati dan Jabbar. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Volum Pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Al Qamar Bajeng Kec. Pattallassang Kabupaten Takalar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Susanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Kayuagung, Yokyakarta. Jurnal Pendidikan Tehnik Informatika, hlm. 1.
Rianto. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Nasional Berbah. Universitas Negeri Yokyakarta.
Purwanto. 2009. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung, Rosdakarya.
Mashuri, Umar, J., Muliani, M. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Fauzul Kabir Kota Jantho. Vol. 6(2), 283–311.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).