ANALISIS KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI VERBAL DAN GRAFIK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TENTANG KARAKTERISTIK GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK
Abstract
Mahasiswa jurusan pendidikan dituntut tidak hanya memahami suatu konsep materi saja, namun harus memiliki kemampuan multirepresentasi menyelesaikan permasalahan dalam bentuk lain. Analisis dengan tujuan mengetahui pemahaman konsep karakteristik gelombang eleketromagnetik mahasiswa semester 3 pendidikan fisika universitas jember, menggunakan metode penelitian analisis deskriptif. Hasil data diproleh bahwa responden memiliki kemapuan representasi Verbal senilai 78,5%, lebih tinggi dibandingakan representasi Grafik yaitu 59,9%. Selisih kemampuan representasi Verbal dan representasi Grafik mahasiswa sebesar 18,60%. Dengan demikian, analisis kemampuan multirepresentasi siswa pada materi Karakteristik gelombang elektromagnetik tinggi pada format representasi verbal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fitriyah, N., Alex, H., Sudarti. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Spektrum Gelombang Elektromagnetik Pada Siswa SMA Kelas XII di Kabupaten Bondowoso. Seminar Nasional Pendidikan Fsika. 03: 162-166
Kartini. (2009). Peranan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Prosding Seminar Nasional. 361-372
Mahardika, I.K. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal, Matematik, dan Gambar Fisika Siswa Kelas VII-A MTsN1 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 2(03), 272-277.
Nasution,S.B. (2000). Kemampuan Siswa Dalam Memahami Grafik Tentang Konsep Kinematika Gerak Lurus. Bandung, SPs UPI.
Perdani, U., Fakhrudin Z., Mitri I. (2018). The Influence Of Guide Inquiri Model Learning To Multiple Representations Ability Of Students Grade X MAN 1 Pekanbaru On Word And Energy Subject. JOM FKIP. 05(01), 1-10
Putri, A.M. 2012. Model Pembelajaran Free Inquiry (Inkuiri Bebas) Dalan Pembelajaran Multirepresentasi Fisika MAN 2 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(03), 324-237.
Rizky G., Tomo D., Haratua. (2014). Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal-Soal Hukum Newton. Jurnal Universitas Tanjungpura, 1-10.
Suhandi, A. F.C Wibowo. (2012). Pendekatan Multirepresentasi dalam pembelajaran Usaha-energi dan dampak terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 1-7
Taneo, P., Hardi S., Wiyanto. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Karakter Kerja Keras Melalui Model Savi Berpendekatan Konstektual. Unnes Journal Of Mathematics Education Research. 4 (02), 122-129
Trianto. (2014). Mendesain Model pembelajaran Inovatif, progresifm dan kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada kurikulum 2013. Prenadamedia Grup, Jakarta.
Theasy Y., Wiyanto., Sujarwata. (2017) . Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Berdasarkan Kemampuan Multirepresentasi. Jurnal Unnes 1(02), 1-5
Tyler, R. 2013. Konstruksi Representasi Pembelajaran Sains Terjemah. Jakarta, Gramedia
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v6i1.8735
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OFFICE:
Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License