ANALISIS KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI VERBAL DAN GRAFIK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TENTANG KARAKTERISTIK GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v6i1.8735Keywords:
Multirepresentasi, Gelombang Elektromagnetik, RadiasiAbstract
Mahasiswa jurusan pendidikan dituntut tidak hanya memahami suatu konsep materi saja, namun harus memiliki kemampuan multirepresentasi menyelesaikan permasalahan dalam bentuk lain. Analisis dengan tujuan mengetahui pemahaman konsep karakteristik gelombang eleketromagnetik mahasiswa semester 3 pendidikan fisika universitas jember, menggunakan metode penelitian analisis deskriptif. Hasil data diproleh bahwa responden memiliki kemapuan representasi Verbal senilai 78,5%, lebih tinggi dibandingakan representasi Grafik yaitu 59,9%. Selisih kemampuan representasi Verbal dan representasi Grafik mahasiswa sebesar 18,60%. Dengan demikian, analisis kemampuan multirepresentasi siswa pada materi Karakteristik gelombang elektromagnetik tinggi pada format representasi verbal.
References
Fitriyah, N., Alex, H., Sudarti. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Spektrum Gelombang Elektromagnetik Pada Siswa SMA Kelas XII di Kabupaten Bondowoso. Seminar Nasional Pendidikan Fsika. 03: 162-166
Kartini. (2009). Peranan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Prosding Seminar Nasional. 361-372
Mahardika, I.K. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal, Matematik, dan Gambar Fisika Siswa Kelas VII-A MTsN1 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 2(03), 272-277.
Nasution,S.B. (2000). Kemampuan Siswa Dalam Memahami Grafik Tentang Konsep Kinematika Gerak Lurus. Bandung, SPs UPI.
Perdani, U., Fakhrudin Z., Mitri I. (2018). The Influence Of Guide Inquiri Model Learning To Multiple Representations Ability Of Students Grade X MAN 1 Pekanbaru On Word And Energy Subject. JOM FKIP. 05(01), 1-10
Putri, A.M. 2012. Model Pembelajaran Free Inquiry (Inkuiri Bebas) Dalan Pembelajaran Multirepresentasi Fisika MAN 2 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(03), 324-237.
Rizky G., Tomo D., Haratua. (2014). Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal-Soal Hukum Newton. Jurnal Universitas Tanjungpura, 1-10.
Suhandi, A. F.C Wibowo. (2012). Pendekatan Multirepresentasi dalam pembelajaran Usaha-energi dan dampak terhadap pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 1-7
Taneo, P., Hardi S., Wiyanto. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Karakter Kerja Keras Melalui Model Savi Berpendekatan Konstektual. Unnes Journal Of Mathematics Education Research. 4 (02), 122-129
Trianto. (2014). Mendesain Model pembelajaran Inovatif, progresifm dan kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada kurikulum 2013. Prenadamedia Grup, Jakarta.
Theasy Y., Wiyanto., Sujarwata. (2017) . Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Berdasarkan Kemampuan Multirepresentasi. Jurnal Unnes 1(02), 1-5
Tyler, R. 2013. Konstruksi Representasi Pembelajaran Sains Terjemah. Jakarta, Gramedia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).