Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami Pada Materi Cahaya dan Alat Optik di SMP/MTs
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v6i1.8773Keywords:
Bahan Ajar, Contextual Teaching and Learning, Nilai Islami, ADDIEAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh belum adanya pengembangan secara khusus bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami pada SMP/MTs maka penulis tertarik untuk mewujudkannya walaupun hanya dalam satu materi saja yaitu cahaya dan alat optik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain bahan ajar fisika berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D) menggunakan kerangka ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini adalah terwujudnya sebuah dokumen bahan ajar berbasis Contexual Teaching and Learning dan nilai Islami ini menggunakan strategi sains Islami. Hasil ini juga terlah diverivikasi dan dinilai oleh ahli, diantaranya ahli substansimateri dan ahli desain media. Didapatkan bahwabahan ajar yang dihasilkan termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil penilaian kualitas bahan ajar dari ahli materi mencapai 90% dan dari ahli desain 82%. Selain itu, respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dan Nilai Islami pun berada pada kategori tertarik yaitu 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMP/MTs.References
Branch,R.M, Instructional Design : The ADDIE Approach (London: Springer Science, 2009), h. 58
Paristiowati, M., Ratna, I., Aftuni, 2011. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ICT Pada Mata Pelajaran IPA-Kimia SMP, Jakarta: Jurnal Riset Pendidikan Kimia Vol. 1, 45.
Rusdi, M., 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: Rajawali.
Sadia Wayan, 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Kontruktivisme. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soleha dan Rada, 2011. Ilmu Pendidika Islam. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, F., 2015. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Contextual Teaching Learning untuk Mengefektifkan Pembelajaran Bagi Siswa SMA, Jember : FENOMENA Vol. 7, 148.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto Suharsimi, 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Menengah. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardoyo, G.A, An’nur, S., Salam, A., 2017. Pengembangan Media Ajar Berbasis Multi Media Audio Visual Pada Pokok Bahasan Tekanan di SMP, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol.1, 86.
Widodo, 2007. Konstruktivisme dan Pembelajaran Sains. Bandung: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 13.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).