Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada SMP N 1 Bakongan Dengan Tutor Sebaya

Khairan AR, karmida karmida, Erlina Sari, Bustami Yusuf, Andika Prajana

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode tutor sebaya dalam praktik pembelajarannya, dengan pendekatan penelitian kuantitatif yang mengambil sebanyak 30 orang siswa sebagai sampel, terbagi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah, siswa dapat meningkatkan hasil belajar, yang dibuktikan dengan skor N-Gain minimal 50.00% dan maksimal 100.00%, standar ini telah melewati nilai ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah, yakni sebesar 65. Sementara itu, berdasarkan respon siswa terhadap aktivitas belajar tutor sebaya, sebanyak 90 siswa menyatakan ketertarikannya terhadap proses pembelajaran tutor sebaya dan 68% siswa sangat antusias dan tertarik untuk mengikuti aktivitas pembelajaran dengan tutor sebaya. Berdasarkan hasil tersebut diketahui metode tutor sebaya dapat digunakan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa SMP N 1 Bakongan.

Keywords


tutor sebaya, aktivitas dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka dari Buku:

Machali, I. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Dan Pembangunan Karakter. Yogyakarta, Pedagogia.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Depdiknas. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran (Sma, Smk, Dan Slb), Depdiknas.

Marianingsih, N. (2018b). Teori Dan Praktik Berbagai Model Dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran Di Kelas-Kelas Inspiratif, CV Kekata Group.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning, Teori Dan Aplikasi Paikem, Pustaka Pelajar.

Oemar Hamalik. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran, Bumi Aksara.

Sardiman. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, PT Rajagrafindo Persada.

Djamarah, S. B. Dan A. Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi. Rineka Cipta.

Marianingsih, N. (2018b). Teori Dan Praktik Berbagai Model Dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran Di Kelas - Kelas Inspiratif. Cv Kekata Group.

Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Dan S. A. A. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R Dan D”. Alfabet.

Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R Dan D. Alfabet.

Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R Dan D. Alfabet.

S. Margono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Sudjana. (2013). Metoda Statitiska, PT Tarsito.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

S.Margono. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Rieneka Cipta

Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R Dan D. Alfabet.

Triyanto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana.

Daftar Pustaka dari Jurnal:

Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Vol. 5 (1), 56-62.

Asmaradewi, M. (2017). Hubungan Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. eprint unnes.

Nuraini, F. Dan R. F. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. Vol. 6 (1), 32.

Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas VIIIc SMP Negeri 1 Lampihong. Vol 6, 980–993.

Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Di Sd. Vol 1(2).

Iin Isnaini. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas Iv SDN 19. Vol 2(3).

Arjanggi, R. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri The Effectiveness Of Peer Tutoring Method On Self-Regulated Learning Abstract. Vol. 14(2), 91.

Gani Abdul. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Vol. 3(3), 337–343.

Arjanggi, R. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri The Effectiveness Of Peer Tutoring Method On Self-Regulated Learning Abstract. Vol. 14(2), 91.

Indrianie, N. S. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Man Kota Probolinggo. Vol. 3(1), 126.

Halawa, S. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Komputer. Vol. 3(1), 66–71.

Safrudin S, Kamaluddin K, Haeruddin H.2014. Penggunaan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas XB di SMA Negeri 1 Gumbasa. Vol. 2(1), 44 - 48.

Suprijadi, D. (2010). Pengaruh Tutor Sebaya Terhadaap Hasil Belajar. Vol. 3(2), 127–135.

Suryani, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di Man 1 Meulaboh Aceh Barat, Repository Ar-Raniry.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v2i2.9410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats