Kontribusi Sekolah Menengah Pada IPK dan Masa Studi Mahasiswa

Sabaruddin Sabaruddin, Isma Tindi Sari, Wahyunita Hanum, Fera Annisa

Abstract


Prestasi belajar mahasiswa merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan mahasiswa di masa depannya. IPK dan Masa studi menjadi dua indikator penting dalam menunjang prestasi mahasiswa dalam menentukan pasar kerja.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang jurusan pada Sekolah Menengah Atas sederajat (SMA, MA, SMK) terhadap indeks prestasi kumulatif dan masa studi mahasiswa prodi pendidikan fisika FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode penelitian dengan jenis penelitian deskriptif korelasi dilakukan secara retrospektif dengan menggunakan hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Sampel dalam penelitian ini seluruh mahasiswa prodi pendidikan fisika yang masuk pada tahun akademik 2014/2015. Analisis data menggunakan uji anova dengan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F) regresi ganda dengan tingkat kepercayaan α lebih kecil dari 0,05 untuk Uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh nilai Ftabel adalah 3,06. Fhitung < Ftabel (0,078 < 3,06) berdasarkan kriteria pengujian F maka dapat disimpulkan bahwah jurusan pada sekolah menengah tidak mempengaruhi indeks prestasi kumulatif dan masa studi mahasiswa pendidikan fisika FTK UIN Ar-Raniry.


Keywords


IPK, Sekolah Menengah, Masa Studi

References


Ridwan. 2008. Belajar, Minat, Motivasi,Prestasi Belajar. http://www.artikel. Com/202/Belajar.minat, motivasi, prestasi belajar

J. Drost. 2001. Masalah IPA dan IPS ( Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Zaman). Yogya : Kanisius.

Depdikbud. (1993). Kurikulum 1994 SMU, Landasan Program Dan Pengembanpan: Pusat Pengembangan Kurikulum Dan Sarana Pendidikan.

Santoso, S. 2012. Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Muhibbin Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Hikmah, N., 2015. Faktor-FaktorYang Mempengaruhi Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan Stikes Insan Se-Agung Bangkalan, STIKES Insan Se Agung.

Vella Anggresta. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Journal of Economic and Economic Education Vol.4 No.1 (19-29).

I Nyoman Adi Jaya Putra., Putu Kerti Nitiasih., Nyoman Adil., dan Gede Gunatama,. 2014. Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lama Masa Studi Mahasiswa Di Fakultas Bahasa Dan Seni Undiksha. Seminar Nasional Riset Inovatif II, ISSN:2339-1553.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v3i2.9414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats