Kontribusi Sekolah Menengah Pada IPK dan Masa Studi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v8i2.9414Keywords:
IPK, Sekolah Menengah, Masa StudiAbstract
Prestasi belajar mahasiswa merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan mahasiswa di masa depannya. IPK dan Masa studi menjadi dua indikator penting dalam menunjang prestasi mahasiswa dalam menentukan pasar kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang jurusan pada Sekolah Menengah Atas sederajat (SMA, MA, SMK) terhadap indeks prestasi kumulatif dan masa studi mahasiswa prodi pendidikan fisika FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode penelitian dengan jenis penelitian deskriptif korelasi dilakukan secara retrospektif dengan menggunakan hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Sampel dalam penelitian ini seluruh mahasiswa prodi pendidikan fisika yang masuk pada tahun akademik 2014/2015. Analisis data menggunakan uji anova dengan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F) regresi ganda dengan tingkat kepercayaan α lebih kecil dari 0,05 untuk Uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh nilai Ftabel adalah 3,06. Fhitung < Ftabel (0,078 < 3,06) berdasarkan kriteria pengujian F maka dapat disimpulkan bahwah jurusan pada sekolah menengah tidak mempengaruhi indeks prestasi kumulatif dan masa studi mahasiswa pendidikan fisika FTK UIN Ar-Raniry.
References
Ridwan. 2008. Belajar, Minat, Motivasi,Prestasi Belajar. http://www.artikel. Com/202/Belajar.minat, motivasi, prestasi belajar
J. Drost. 2001. Masalah IPA dan IPS ( Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Zaman). Yogya : Kanisius.
Depdikbud. (1993). Kurikulum 1994 SMU, Landasan Program Dan Pengembanpan: Pusat Pengembangan Kurikulum Dan Sarana Pendidikan.
Santoso, S. 2012. Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Muhibbin Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Hikmah, N., 2015. Faktor-FaktorYang Mempengaruhi Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan Stikes Insan Se-Agung Bangkalan, STIKES Insan Se Agung.
Vella Anggresta. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Journal of Economic and Economic Education Vol.4 No.1 (19-29).
I Nyoman Adi Jaya Putra., Putu Kerti Nitiasih., Nyoman Adil., dan Gede Gunatama,. 2014. Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Lama Masa Studi Mahasiswa Di Fakultas Bahasa Dan Seni Undiksha. Seminar Nasional Riset Inovatif II, ISSN:2339-1553.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).