Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 Dan XI MIPA 2 di MAN 1 Batanghari
Abstract
. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan motivasi belajar fisika pada siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 program peminatan (MIPA) di MAN 1 Batanghari. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 40 siswa dari XI MIPA 1 berjumlah 20 dan XI MIPA 2 berjumlah 20 orang menjadi sampel dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran dari variabel berupa motivasi belajar kimia pada kelas peminatan (MIPA)) dan menekankan analisis pada data angka yang diperoleh dengan metode statistik.Data motivasi belajar kimia diperoleh dari hasil pengisian angket motivasi belajar fisika. Angket berjumlah 25 peryataan dengan 10 indikator, Angket penelitian ini dilakukan analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Nilai rata-rata motivasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA 1 adlah 77,15 dan kelas XI MIPA 2 dengan nilai rata-rata 75,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Motivasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA 1 lebih baik dibandingkan dengan kelas XI MIPA 2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asvio,N., 2015. Hubungan Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Mahasiswa Semester III Program Studi Diploma III Kebidanan STIKES Prima Nusantara Bukittinggi. Jurnal alFikrah, : 3(1): 95-108
Daris, S. 2017. Motivasi Belajar Pada Anak Jalanan Yang Memutuskan Untuk Tetap Bersekolah, Studi Kasus pada Anak Jalanan di Kota Samarinda, PSIKOBORNEO. Vol 5 (1) : 68 – 82
Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran, Lantanida Journal. Vol 5(2): 193-196
Hamdu, G., Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya) Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 212 (1): 90-96
Handayani, R.D. 2017. Analisis Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Kependidikan. Vol (2): 320-333
Klorawati,A.R., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir,. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia Di SMA Negeri Sekota Bengkulu. Alotrop. (2): 132-135
Manizar, E.. 2012. Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar, Tadrib. 1(2): 171-188
Maulida, S.R., Dhini Rama Dhania,. 2017. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Berwirausaha Pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi Undip. Vol 11(2): 1-9
Nanuru,R.F.. 2013. Progresivisme Pendidikan dan Relevansinya di Indonesia. Jurnal UNIERA. Vol 2 (2) : 132-143
Putri, R.E., Indra Ibrahim, Dina Sukma,. 2013. Hubungan Motivasi Dengan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling, KONSELOR. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol 2(1): 1-7
Suparwoto. 2007. Dasar-dasar dan proses pembelajaran fisika. Yogyakarta: Fakultas MIPA UNY
Uno, H. B. 2008. Teori motivasi & pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v6i2.9619
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OFFICE:
Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License